Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan representasi beragam materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII / Maulidatus Soleha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan representasi beragam materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII / Maulidatus Soleha

Soleha, Maulidatus (2018) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan representasi beragam materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII / Maulidatus Soleha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Soleha Maulidatus. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Materi Teorema Pythagoras Pada Kelas VIII. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd Kata Kunci Think Pair Share. Kemampuan Representasi Beragam Penelitian ini dilakukan di kelas VIII 3 SMPN 6 Malang dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kemampuan representasi beragam yang dimaksud pada penelitian ini adalah mengubah bentuk representasi simbolik ke bentuk representasi gambar dan sebaliknya. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VIII 3 SMPN 6 Malang ditemukan fakta bahwa siswa tersebut masih mempunyai kemampuan representasi beragam yang rendah. Hal ini ditunjukkan ketika peneliti memberikan suatu masalah berupa grafik kemudian siswa diminta untuk mencari persamaan garis yang bersesuaian dengan gambar tersebut tetapi siswa hanya menuliskan rumus (representasi simbolik) dari persamaan garis yang melalui dua titik tanpa memaknai rumus (representasi simbolik) dari yang mereka tulis. Perilaku ini tidak menunjukkan salah satu indikator dari kemampuan representasi beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan think pair share yang terdiri dari 3 tahap pembelajarn dalam upaya meningkatkan kemampuan representasi beragam sesuai dengan karakteristik pembelajaran dengan think pair share. Langkah langkah think pair share dimulai dari tahap think guru memberikan masalah yang berupa LKPD dan meminta siswa untuk menyelesaikannya secara individu dengan waktu yang telah ditentukan. Tahap pair guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku mengenai masalah yang ada di LKPD setelah waktu pada tahap think telah usai dan juga menuliskan hasil diskusi pada lembar pair. Tahap share guru mempersilahkan beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangku. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi beragam siswa pada domain kognitif meningkat. Ditinjau dari peningkatan yakni tes di akhir siklus menunjukkan bahwa presentase siswa yang mempunyai kemampuan mengubah representasi bentuk simbol ke bentuk gambar dan sebaliknya dengan baik dengan presentase awal sebesar 12 5% menjadi 82 06%. Pada siklus I diperoleh 43 75 % siswa yang telah mampu memenuhi indikator representasi beragam sedangkan pada siklus II diperoleh 82 06%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16116

Actions (login required)

View Item View Item