Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan reading comprehension teks matematik pada siswa kelas VIII-2 SMP N 6 Malang / Meike Chrisvenda Mujiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan reading comprehension teks matematik pada siswa kelas VIII-2 SMP N 6 Malang / Meike Chrisvenda Mujiono

Mujiono, Meike Chrisvenda (2018) Penerapan model quantum learning untuk meningkatkan reading comprehension teks matematik pada siswa kelas VIII-2 SMP N 6 Malang / Meike Chrisvenda Mujiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mujiono Meike Chrisvenda. 2018. Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Reading Comprehension Teks Matematik pada Siswa Kelas VIII-2 SMP N 6 Malang. Skripsi Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Slamet M.Si Kata kunci quantum learning reading comprehension teks matematik Reading comprehension adalah kompetensi membaca dengan pemahaman dan pemaknaan secara utuh. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VIII-2 SMP Negeri 6 Malang ditemukan fakta bahwa peserta didik cenderung memiliki pola mengahafalkan rumus dalam teks matematik yang diberikan. Peserta didik masih kurang untuk mengembangkan reading comprehension teks matematik. Reading comprehension ditunjukkan dengan adanya kemampuan konversi berbagai representasi teks matematik kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam teks matematik dan kemampuan menerapkan mengembangkan serta memahami konsep dan prosedur teks matematik. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model quantum learning yang terdiri dari tujuh tahap pembelajaran dalam upaya meningkatkan reading comprehension teks matematik khususnya pada materi teorema Pythagoras. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model quantum learning dengan langkah-langkah dimulai dari penataan lingkungan belajar dengan mempersiapkan kelas yang nyaman. Tahap selanjutnya adalah kekuatan AMBAK(Apa Manfaatnya Bagiku ) dengan menyampaikan motivasi dan manfaat pembelajaran teorema Pythagoras. Berikutnya tahap memupuk sikap juara dengan guru sebagai motivator dan fasilitator tercapainya keberhasilan peserta didik. Tahap membebaskan gaya belajar guru memfasilitasi gaya belajar siswa yang berbeda-beda yaitu visual audio dan kinestetik. Kemudian tahap menjadikan anak kreatif peserta didik diberikan soal-soal yang melatih kreatifitas siswa. Tahap melatih kekuatan memori anak memaksimalkan semua indera peserta didik supaya dapat terekam dalam long term memory. Tahap rayakan peserta didik diberikan apresiasi atas usaha dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan dalam kelas VIII-2 yang berisi 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan reading comprehension peserta didik meningkat. Ditinjau dari ketiga indikator yang telah dibuat indikator 1 meningkat dari 52 24% menjadi 76% indikator 2 meningkat dari 53 49% menjadi 87 67% dan indikator 3 meningkat dari 60 4% menjadi 76 3%. Sedangkan rata-rata presentase keberhasilan siklus 1 adalah 55 4% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 79 99%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Penguji I Drs. Slamet M.Si. NIP 19621122 198812 1 001 Penguji II Dra. Ety Tejo D.C M.Pd NIP 19620318 199002 2 001 Penguji Utama Drs. Dwiyana M.Pd Ph.D NIP 19540306 198203 1 005 SUMMARY Mujiono Meike Chrisvenda. 2018. Application of Quantum Learning Model to Improve Reading Comprehension Mathematical Text on Grade VIII-2 Student of SMP N 6 Malang. Minithesis Mathematics State University of Malang. Advisor Drs. Slamet M.Si Keywords quantum learning reading comprehension mathematical text Reading comprehension is the competence of reading with a holistic understanding and meaning. Based on the result of initial observation in class VIII-2 SMP Negeri 6 Malang it is found that students tend to memorize formulas in mathematical text given. Students have not developed their reading comprehension of mathematical text. Reading comprehension indicates the ability to convert any mathematical representativetext ability to write what is known and asked in mathematical text and ability to apply develop and understand concept and procedure in mathematical text. These competencies are not found in students. This Classroom Action Research(CAR) aims is to describe the application of quantum learning model which consist of seven learning steps to develop reading comprehension in Pythagoras Theorem material. This research used a quantum learning model and the first step was arrangement of the learning environment by preparing a comfortable class. The next stage was conducting the power of AMBAK (What Benefits to Me ) by giving the motivations and benefits of learning Pythagoras theorem. The next stage was cultivating a champion attitude with the teacher as a motivator and facilitator to increase the achievement of students. In liberating learning stylesstage teachers facilitated different learning styles of students visual audio and kinesthetic. Then in the stage of making children creative learners were given the problems that train their creativity. The next stagewas training the memory strength of learners maximize all the senses to be recorded in their long term memory. The last was the celebratestage where students were given appreciation for the effort in implementing learning. This study was conducted in two cycles. This research was conducted in class VIII-2 containing 32 students. The result of the study showed that reading comprehension of students increased. Judging from the three indicators that have been made first indicator increased from 52.24% to 76% second indicator increased from 53.49% to 87.67% and the third indicator increased from 60.4% to 76.3%. While the average percentage of success cycle 1 is 55.4% and increased in cycle 2 to 79.99%. The result of this study indicates that research has met the criteria that have been set.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16115

Actions (login required)

View Item View Item