Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan ditinjau berdasarkan taksonomi Marzano / Della Melindasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan ditinjau berdasarkan taksonomi Marzano / Della Melindasari

Melindasari, Della (2018) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan ditinjau berdasarkan taksonomi Marzano / Della Melindasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Melindasari Della. 2018. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau berdasarkan Taksonomi Marzano. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd. Kata Kunci proses berpikir soal cerita perbandingan Taksonomi Marzano. Proses berpikir merupakan hal penting yang harus dikembangkan dalam matematika. Dengan melihat proses berpikir dapat diketahui kemampuan berpikir dan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Menyelesaikan masalah matematika dalam bentuk soal cerita memerlukan kemampuan dalam memproses informasi. Selain itu soal cerita memberikan gambaran bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan berdasarkan tingkat kemampuan kognitif dalam Taksonomi Marzano. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan memberikan instrumen tes tulis pada 30 siswa kelas VII-I di SMP Negeri 10 Malang. Hasil tes kemudian dianalisis berdasarkan Taksonomi Marzano dan diurutkan ke dalam tiga kategori tingkatan yaitu tinggi sedang dan rendah. Kemudian dipilih 1 siswa dari masing-masing kategori untuk mengikuti wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal perbandingan siswa kategori tinggi sedang dan rendah mampu melakukan pemanggilan pengetahuan dengan menentukan informasi yang ditanyakan dan diketahui dengan benar. Pada soal perbandingan senilai siswa ketegori tinggi sedang dan rendah mampu melakukan pemahaman pengetahuan dengan membuat model matematika dan mengkoneksikan informasi meskipun pemahaman pengetahuan siswa ketegori rendah salah. Sedangkan pemahaman pengetahuan pada soal perbandingan berbalik nilai hanya siswa ketegori tinggi dan sedang yang mampu membuat model matematika. Pada soal perbandingan senilai siswa ketegori tinggi sedang dan rendah mampu melakukan analisis pengetahuan dengan melakukan perhitungan untuk memperoleh jawaban atas permasalah meskipun analisis pengetahuan siswa ketegori rendah salah. Sedangkan analisis pengetahuan pada soal perbandingan berbalik nilai hanya siswa ketegori tinggi yang mampu melakukan perhitungan dan jawaban yang dituliskan benar. Pada tahap penggunaan pengetahuan siswa kategori tinggi sedang dan rendah mampu menuliskan hasil penyelesaian dan kesimpulan meskipun hasil yang ditulisakan siswa ketegori rendah salah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item View Item