Representasi dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa / Devinta Reza Prasanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa / Devinta Reza Prasanti

Prasanti, Devinta Reza (2018) Representasi dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa / Devinta Reza Prasanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prasanti Devinta Reza. 2018. Representasi dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Susiwo M. Si. Kata Kunci representasi matematis barisan tingkat kemampuan siswa Kemampuan representasi merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa. Representasi yang dimunculkan oleh siswa merupakan ungkapan dari gagasan atau ide-ide matematis yang ditampilkan siswa dalam upayanya untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapinya. Hadirnya representasi dianggap sebagai sumber yang penting dalam mengurangi kesulitan penyelesaian masalah matematika. Dengan demikian representasi matematis berperan besar dalam penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis dalam menyelesaikan masalah barisan berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Hal ini ditinjau dari keberagaman representasi yang digunakan siswa pada lembar jawaban dalam menyelesaikan masalah barisan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan prasyarat tes kemampuan representasi matematis dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan hasil tes pengetahuan prasyarat sedangkan data diperoleh dari hasil tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah barisan siswa berkemampuan tinggi menggunakan representasi verbal visual dan simbolik. Siswa berkemampuan tinggi melakukan keempat tahap penyelesaian masalah sehingga memperoleh jawaban yang benar. Sedangkan siswa berkemampuan sedang hanya menggunakan representasi verbal dan simbolik. Siswa berkemampuan sedang tidak melakukan tahap memeriksa kembali pada salah satu soal saat menyelesaikan masalah tetapi jawaban yang diperoleh benar. Sementara siswa berkemampuan rendah menggunakan representasi verbal visual dan simbolik. Pada saat menyelesaian masalah siswa berkemampuan rendah tidak melakukan tahap memeriksa kembali pada kedua soal dan jawaban yang diperoleh salah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16113

Actions (login required)

View Item View Item