Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan SAVI Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Analogi Matematis Siswa Kelas VII IT 1 MTs Negeri Probolinggo / Dewi Dwi Nanda Sahadatina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan SAVI Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Analogi Matematis Siswa Kelas VII IT 1 MTs Negeri Probolinggo / Dewi Dwi Nanda Sahadatina

Sahadatina, Dewi Dwi Nanda (2018) Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan SAVI Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Analogi Matematis Siswa Kelas VII IT 1 MTs Negeri Probolinggo / Dewi Dwi Nanda Sahadatina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sahadatina Dewi Dwi Nanda. 2018. Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan SAVI Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Analogi Matematis Siswa Kelas VII IT 1 MTs Negeri Probolinggo. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M. Pd. Kata Kunci pembelajaran geometri pendekatan SAVI GeoGebra analogi matematis. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di kelas VII IT 1 MTs Negeri Probolinggo menunjukkan bahwa kemampuan berpikir bernalar siswa masih rendah. Hanya beberapa siswa yang dapat mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi-materi sebelumnya dengan benar. Berdasarkan wawancara siswa tidak dapat mengingat atau mengkaitkan materi sekarang dengan materi sebelumnya yang merupakan materi prasyarat. Hal ini juga terbukti dari hasil analisis jawaban soal tes analogi awal yang menunjukkan bahwa penalaran analogi siswa rendah. Oleh karena itu perlu diadakan pembelajaran untuk meningkatkan analogi matematis siswa. Meningkatkan analogi merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan penalaran matematika. Melalui pembelajaran geometri yang merupakan cabang matematika terbesar dan sangat lemah diserap siswa maka digunakan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan penalaran analogi dan sesuai dengan modalitas belajar geometri yaitu pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) berbantuan GeoGebra. Pendekatan SAVI menggabungkan gerakan fisik dan aktifitas intelektual serta melibatkan semua indera yang berpengaruh dalam pembelajaran dan dipermudah dengan penggunakan GeoGebra dalam pelaksanaannya. Dengan demikian untuk meningkatkan kemampuan analogi matematis siswa dilakukan pembelajaran geometri dengan pendekatan SAVI berbantuan GeoGebra. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes teknik observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan indikator analogi kemudian data direduksi disajikan dan dievaluasi. Hasil penelitian dengan menerapakan pendekatan SAVI mengalami peningkatan. Pada siklus I guru belum melaksanakan SAVI dengan sempurna namun pada siklus II guru telah melaksanakan pendekatan SAVI dengan sempurna. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I observer 1 menilai peran aktif siswa meningkat dari 65% menjadi 75% dengan kriteria keberhasilan kurang menjadi cukup observer 2 menilai dari 70% menjadi 75% dengan kriteria keberhasilan cukup. Pada siklus II observer 1 menilai peran aktif siswa dari 82 5% menjadi 90% dengan kriteria keberhasilan baik menjadi sangat baik sedangkan observer 2 menilai dari 80% menjadi 87 5% dengan kriteria keberhasilan baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 14 siswa yang mengalami peningkatan kemampuan analogi matematis dan 20 siswa tidak mengalami peningkatan. Sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa 33 dari 34 siswa telah mengalami peningkatan kemampuan analogi matematis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geometri dengan pendekatan SAVI berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan analogi matematis siswa kelas VII IT 1 MTs Negeri Probolinggo. Disarankan pada guru matematika untuk menerapkan pendekatan SAVI berbantuan GeoGebra dalam pembelajaran sehingga memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16110

Actions (login required)

View Item View Item