Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMPN 2 Malang / Nur Fauziyah Hadiyatiningrum

Hadiyatiningrum, Nur Fauziyah (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMPN 2 Malang / Nur Fauziyah Hadiyatiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hadiyatiningrum, Nur Fauziyah. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMPN 2 Malang. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati, M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Penemuan Terbimbing, Relasi dan Fungsi. Pada kurikulum 2013, guru hanya berperan sebagai fasilitator dan siswa yang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru membutuhkan bahan ajar agar siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Saat ini bahan ajar yang digunakan di SMPN 2 Malang adalah buku teks pelajaran matematika dari kemendikbud. Namun menurut observasi, pada buku teks tersebut, siswa kurang dapat mengkonstruk pikirannya sendiri dan instruksi pada buku tersebut kurang jelas, sehingga peran aktif siswa dalam pembelajaran dirasa kurang. Salah satu bentuk bahan ajar adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Oleh karena itu perlu adanya bahan ajar berupa LKS yang melibatkan siswa aktif dan mengkonstruk pikirannya. LKS ini dikembangkan menggunakan metode penemuan terbimbing yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran dan dapat mengkonstruk pikirannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berbasis penemuan terbimbing pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPN 2 Malang yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) preliminary research (penelitian awal), (2) prototyping phase (tahap pengembangan), dan (3) assessment phase (tahap penilaian). LKS yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Uji kevalidan produk dilakukan oleh dua validator yaitu validator ahli dan validator praktisi. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa yang diisi oleh dua teman sejawat dan lembar angket respon siswa yang diisi oleh 30 siswa sebagai subjek uji coba. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan melalui tes tulis kepada subjek uji coba setelah menggunakan produk yang dikembangkan yaitu 30 siswa kelas VII-A SMPN 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item View Item