Implementasi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, and Write (TTW) untuk meningkatkan komunuikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan kelas VII-F SMPN 9 Malang / Dewi Jannatun NaÔÇÖim

NaÔÇÖim, Dewi Jannatun (2018) Implementasi pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, and Write (TTW) untuk meningkatkan komunuikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan kelas VII-F SMPN 9 Malang / Dewi Jannatun NaÔÇÖim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN NaÔÇÖim, Dewi Jannatun. 2018. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, and Write (TTW) untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Kelas VII-F SMPN 9 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Slamet, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, and Write (TTW), Komunikasi Matematis. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada saat KPL diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan bentuk soal cerita masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil tulisan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hal ini juga didukung oleh hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran matematika di kelas tersebut, bahwa siswa masih belum dapat merepresentasi soal cerita yang diberikan menjadi model matematika. Berdasarkan penelitian terdahulu, salah satu tipe pembelajaraan kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Think, Talk, and Write (TTW). Pada pembelajaran kooperatif tipe TTW ini melibatkan siswa dalam berpikir dan berdialog dengan diri sendiri dan temannya, sebelum menuliskan kembali penyelesaian dari permasalahan. Berkaitan dengan permasalahan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TTW untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi perbandingan. Hal ini karena pada pembelajaran materi perbandingan, sering digunakan soal cerita berupa permasalahan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek adalah siswa kelas VII-F SMPN 9 Malang. Adapun pelaksanaan tindakan dilakukan dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah hasil tes akhir siklus siswa memenuhi kelima indikator kemampuan komunikasi matematis yang telah ditentukan oleh peneliti. Selain dari pada itu, tolak ukur keberhasilan penelitian ini adalah hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa yang dinilai oleh observer masuk dalam kategori minimal ÔÇ£BaikÔÇØ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16105

Actions (login required)

View Item View Item