Analisis kesalahan siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri / Lailatul Badriyah

Badriyah, Lailatul (2018) Analisis kesalahan siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri / Lailatul Badriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Badriyah, Lailatul. 2018. Analisis Kesalahan Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Trigonometeri. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Edy Bambang Irawan, Dr. M. Pd. Kata kunci : analisis kesalahan, Ivan Watson, persamaan trigonometri Hasil observasi membuktikan bahwa banyak siswa kelas XI di SMAN 1 Gondanglegi mengalami kesulitan saat belajar persamaan trigonometri. Kesulitan siswa belajar akan menyebabkan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri menggunakan analisis kesalahan Watson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Gondanglegi kelas XI MIA 5 dengan memberikan tes soal persamaan trigonometri. Berdasarkan nilai tes yang didapatkan, siswa di kelompokkan pada kelompok kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dipilih satu subjek dari kelompok tinggi, dua subjek dari kelompok sedang, dan dua subjek dari kelompok rendah yang melakukan kesalahan dalam pengerjaannya untuk diwawancara berdasarkan analisis kesalahan Watson. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) siswa tidak mengenal beberapa simbol matematika dalam persamaan trigonometri dengan baik, 2) siswa tidak dapat menyebutkan apa yang ditanyakan pada soal dengan tepat, 3) siswa tidak mengerti maksud simbol-simbol yang ada pada materi persamaan trigonometri, 4) siswa tidak dapat memilih rumus penyelesaian persamaan trigonometri dengan tepat kerena tidak ingat, 5) siswa dengan kemampuan rendah menuliskan proses penyelesaian yang tidak sesuai dengan penyelesaian persamaan trigonometri, 6) siswa tidak melanjutkan langkah menyelesaikan persamaan trigonometri yang diberikan dengan lengkap, 7) siswa sudah menggunakan operasi yang tepat tetapi tidak dapat menyelesaikan operasi dengan akurat, 8) siswa menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan jawaban yang benar atau menuliskan jawaban akhir yang tidak lengkap, 9) siswa memberikan jawaban yang salah dalam tes keseluruhan kelas tapi memberikan jawaban yang benar pada saat wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16104

Actions (login required)

View Item View Item