Penerapan strategi REACT dengan setting STAD untuk meningkatkan hsil belajar peserta didik kelas X MIPA 4 MAN Gondanglegi pada materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku / Heni Kurniasari

Kurniasari, Heni (2018) Penerapan strategi REACT dengan setting STAD untuk meningkatkan hsil belajar peserta didik kelas X MIPA 4 MAN Gondanglegi pada materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku / Heni Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kurniasari, Heni. 2018. Penerapan Strategi REACT dengan Setting STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA 4 MAN Gondanglegi pada Materi Perbandingan Trigonometri Segitiga Siku- Siku. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Slamet, M.Si. Kata Kunci : hasil belajar, perbandingan trigonometri, STAD, Strategi REACT Berdasarkan data hasil ulangan akhir semester I menunjukkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MIPA 4 MAN Gondanglegi masih rendah. Selain itu, hasil observasi pembelajaran yang dilakukan peneliti pada bulan Agustus 2017 menyatakan bahwa pembentukan kelompok masih homogen, dan pembelajaran masih terpusat pada guru bukan peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dipilih strategi pembelajaran REACT dengan setting STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran strategi REACT dengan setting STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan trigonometri segitiga sikusiku. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 18 Januari sampai dengan 25 Januari 2018, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 29 Januari sampai dengan 8 Februari 2018. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 4 di MAN Gondanglegi pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 25 peserta didik yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi: 1) hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik, 2) hasil catatan lapangan, dan 3) hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi REACT dengan setting STAD yang dilakukan dengan langkah-langkah menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik, menyampaikan informasi apersepsi (relating), mengorganisasikan peserta didik dalam kelompok-kelompok belajar (cooperating), bekerja dan belajar dalam kelompok (experiencing dan applying), evaluasi (transferring), dan penghargaan kelompok, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku kelas X MIPA 4 MAN Gondanglegi. Persentase ketuntasan hasil tes siklus I sebesar 56% dan siklus II sebesar 92%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 36% dari siklus I ke siklus II. vi Sesuai dengan kriteria keberhasilan, lebih dari 80% peserta didik sudah mencapai nilai KKM yaitu 75 serta hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik yang berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16103

Actions (login required)

View Item View Item