Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan matematika realistik pada materi Fungsi kelas VIII / Siti Arofah

Arofah, Siti (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan matematika realistik pada materi Fungsi kelas VIII / Siti Arofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Arofah, Siti. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Fungsi Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Abd. Qohar, M.T. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Pendekatan Matematika Realistik, materi fungsi. Salah satu komponen yang penting dalam sistem pembelajaran adalah keberadaan bahan ajar bagi peserta didik. Bahan ajar yang mendukung siswa dalam proses pembelajaran diantaranya adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Namun, berdasarkan hasil observasi di SMP Islam Al Umm Malang diperoleh informasi bahwa sekolah tersebut belum pernah menggunakan bahan ajar khusus dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya pada materi fungsi yang merupakan salah satu pengetahuan dasar penting dalam matematika. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengembangkan bahan ajar berupa LKS dengan Pendekatan Matematika Realistik pada materi fungsi kelas VIII agar dapat membantu siswa membangun pengetahuan secara mandiri karena pembelajaran menitik beratkan pada pemecahan masalah kontekstual. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Matematika Realistik adalah LKS yang mencerminkan adanya penggunaan prinsip Pendekatan Matematika Realistik yaitu (1) menggunakan konteks dunia nyata yakni pada pemberian masalah kontekstual pada awal pembelajaran (2) menggunakan modelmodel yakni pada saat siswa membentuk model matematika dari permasalahan yang diberikan, (3) menggunakan interaktif yakni pada saat diskusi kelompok dan presentasi, (4) menggunakan keterkaitan yakni pada saat menyelesaikan permasalahan kontekstual, serta (5) menggunakan produksi dan konstruksi yakni pada saat menyimpulkan kembali selesaian ke dalam dunia nyata. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil modifikasi dari model Plomp yang terdiri dari 4 fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/kostruksi, dan (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Pada penelitian ini dilakukan tiga kali uji yakni uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua orang validator yaitu satu orang dosen matematika sebagai validator ahli dan satu orang guru matematika sebagai validator praktisi. Uji kepraktisan dilakukan dengan menggunakan hasil observasi kegiatan siswa oleh dua orang guru matematika sebagai observer serta hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran dan penggunaan LKS. Sedangkan hasil uji keefektifan diperoleh dengan melaksanakan tes akhir pada 26 siswa SMP kelas VIII sebagai subjek uji coba. Apabila lebih dari 80% siswa memperoleh nilai di atas KKM (75) dan hasil uji kepraktisan menyatakan LKS praktis, maka LKS dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa (1) skor kevalidan LKS adalah 3,375 dengan kriteria valid, (2) LKS dinyatakan praktis berdasarkan skor lembar observasi kegiatan siswa 3,3 dengan kriteria aktif dan skor lembar angket respon siswa 3,365 dengan kriteria respon positif, (3) persentase siswav yang memperoleh nilai tes di atas KKM (75) sebanyak 84,61%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan layak karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item View Item