Analisis kesalahan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Batu dalam menyelesaikan masalah matematika materi Program Linear berdasarkan ahapan Newman / Ayustin Roselina - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Batu dalam menyelesaikan masalah matematika materi Program Linear berdasarkan ahapan Newman / Ayustin Roselina

Roselina, Ayustin (2018) Analisis kesalahan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Batu dalam menyelesaikan masalah matematika materi Program Linear berdasarkan ahapan Newman / Ayustin Roselina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Roselina Ayustin. 2017. Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Batu dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Program Linear Berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sukoriyanto M.Si. Kata Kunci Analisis Kesalahan Program Linear Tahapan Newman. Salah satu materi yang diajarkan di SMA adalah program linear. Permasalahan yang terkait dalam program linear merupakan materi yang disajikan dalam soal cerita. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika KPL dan wawancara terhadap salah satu guru matematika di SMA Negeri 1 Baru didapat 62.5% peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah program linear. Untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan perlu dilakukan analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan masalah program linear. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kesalahan peserta didik adalah tahapan Newman. Analisis kesalahan berdasarkan tahapan Newman dikembangkan pada pertengahan tahun 1970 oleh Anne Newman seorang guru matematika asal Australia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linear berdasarkan tahapan Newman. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5. Untuk menentukan subjek penelitian peneliti melakukan tes tulis materi program linear di kelas XI MIPA 5 yang berisi 32 peserta didik. Hasil tes tulis kemudian dievaluasi untuk menentukan subjek penelitian dengan kriteria peserta didik yang mengerjakan soal tes memunculkan tahapan Newman dan melakukan kesalahan pada setiap Tahapan Newman yang dikerjakan. Kemudian dipilih 3 peserta didik yaitu S1 S2 dan S3 yang melakukan kesalahan bervariasi pada setiap tahapnya. Selanjutnya dilakukan wawancara terhadap ketiga subjek yang terpilih. Dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil bahwa ketiga subjek terpilih melakukan kesalahan membaca memahami transformasi keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Bentuk kesalahan yang dilakukan subjek antara lain kurang lengkap dalam membaca kata kunci dari soal tidak mengerti arti dari kata kata pada soal tidak tepat dalam menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal tidak tepat dalam membuat model matematika untuk kendala program linear dan fungsi tujuan salah dalam menggambar grafik kendala program linear tidak tepat dalam menentukan daerah layak dan titik pojok daerah layak dari kendala program linear salah dalam memberikan jawaban akhir tidak memberikan keterangan pada jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16101

Actions (login required)

View Item View Item