Implementasi sistem otomasi sebagai upaya peningkatan daya guna perpustakaan sekolah di SDN Madyopuro 3 Malang / Oktovahrina Qurrotal Aini

Aini, Oktovahrina Qurrotal (2010) Implementasi sistem otomasi sebagai upaya peningkatan daya guna perpustakaan sekolah di SDN Madyopuro 3 Malang / Oktovahrina Qurrotal Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: implementasi, sistem otomasi, daya guna perpustakaan sekolah Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada dalam lingkup sekolah yang memungkinkan para tenaga pendidik dan para peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang terdapat di dalamnya. Seiring dengan semakin berkembangnya kemajuan di bidang teknologi informasi, perpustakaan sekolah juga berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Implementasi teknologi informasi di bidang perpustakaan salah satunya sering disebut dengan otomasi perpustakaan. Secara sederhana, otomasi perpustakaan dapat diartikan sebagai pengalihan sistem perpustakaan yang berawal dari sistem perpustakaan manual menjadi perpustakaan yang mengarah pada teknologi yakni dengan menggunakan komputer. Implementasi sistem otomasi pada perpustakaan sekolah bertujuan untuk meningkatkan dayaguna perpustakaan. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini memusatkan kajian pada implementasi sistem otomasi sebagai upaya peningkatan dayaguna perpustakaan sekolah di SDN Madyopuro 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemahaman kepala sekolah, guru, siswa, dan petugas perpustakaan terhadap implementasi sistem otomasi pada perpustakaan di SDN Madyopuro 3 Malang, (2) mendeskripsikan peran sistem otomasi terhadap peningkatan daya guna perpustakaan sekolah di SDN Madyopuro 3 Malang, dan (3) mengkaji faktor pendukung dan penghambat implementasi sistem otomasi pada perpustakaan SDN Madyopuro 3 Malang. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan teknik eksploratif dan juga rumus prosentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketertarikan dan pemahaman warga sekolah tentang sistem otomasi yang diimplementasikan di perpustakaan sekolahnya meskipun dengan kurangnya sumber daya manusia sebagai petugas perpustakaan, implementasi sistem otomasi terbukti berperan dalam meningkatkan dayaguna perpustakaan sekolah, dan terdapatnya faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan implementasi sistem otomasi pada perpustakaan sekolah di SDN Madyopuro 3 Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikemukakan saran sebagai berikut: (1) perlu diusahakan penambahan tenaga ahli/profesional sebagai petugas perpustakaan, (2) warga sekolah hendaknya lebih memaksimalkan penggunaan sistem otomasi di perpustakaan sekolahnya, (3) prosedur pengolahan koleksi harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, serta (4) koleksi bahan pustaka serta sarana dan prasarana di dalam perpustakaan sebaiknya ditambah dan dilengkapi sehingga dapat menunjang kegiatan belajar guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item