Analisis kesalahan konstruksi konsep matematis siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII / Abdul Munib - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan konstruksi konsep matematis siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII / Abdul Munib

Abdul, Munib (2017) Analisis kesalahan konstruksi konsep matematis siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII / Abdul Munib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munib Abdul. 2017. Analisis Kesalahan Konstruksi Konsep Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Subanji M.Si. Kata Kunci Lingkaran Kesalahan Konstruksi Konsep. Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai susunan bentuk besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya. Matematika dibelajarkan kepada siswa secara berjenjang sesuai perkembangan intelektual masing-masing mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. Untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai pokok bahasan yang dipelajari dilakukan suatu kegiatan menilai atau evaluasi pembelajaran. Penilaian pembelajaran pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kekurangan dari hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII. Kekurangan yang berupa kesalahan konstruksi konsep siswa dideskripsikan berdasarkan klasifikasi masing-masing baik berupa pseudo konstruksi lubang konstruksi mis-analogical construction ataupun mis-logical construction. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dari 23 siswa kelas VIII-D MTs Nurul Ulum Malang. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data triangulasi dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konstruksi konsep matematis siswa yang ditemukan ialah berupa 1) pseudo salah 2) lubang konstruksi dan 3) mis-analogical construction. Pseudo salah terdapat pada konsep hubungan sudut pusat dengan sudut keliling. Lubang konstruksi terjadi ketika siswa salah menerapkan konsep hubungan sudut pusat dengan sudut keliling salah dalam menerapkan konsep hubungan busur dengan keliling lingkaran serta salah dalam dalam menentukan luas lingkaran. Mis-analogical construction terjadi ketika siswa memahami konsep juring serta penggunaan konsep hubungan sudut pusat dengan sudut keliling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item View Item