Peningkatan hasil pembelajaran matematika pada kompetensi dasar lingkaran dengan strategi pembelajaran bersatu melalui ICMT di kelas VIII B SMP Laboratorium UM / Adi Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil pembelajaran matematika pada kompetensi dasar lingkaran dengan strategi pembelajaran bersatu melalui ICMT di kelas VIII B SMP Laboratorium UM / Adi Gunawan

Gunawan, Adi (2017) Peningkatan hasil pembelajaran matematika pada kompetensi dasar lingkaran dengan strategi pembelajaran bersatu melalui ICMT di kelas VIII B SMP Laboratorium UM / Adi Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adi Gunawan. 2017 . Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika pada Kompetensi Lingkaran dengan Strategi Pembelajaran Bersatu Melalui ICMT di kelas VIII B SMP Lab UM Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rustanto Rahardi M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Bersatu dan ICMT. Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern dan mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu serta memajukan daya pikir manusia. Namun demikian tidak semua siswa SMP Lab UM Malang memiliki kemauan dan kemampuan yang baik dalam pembelajaran matematika hal ini disebabkan guru dalam mengajar cenderung mengutamakan mengajar secara mekanistis dan sering melupakan tugas mendidik serta hanya memenuhi target kurikulum. Padahal mengajar merupakan proses aktivitas pembelajaran yang melibatkan semua unsur indrawi pikiran perasaan nilai dan sikap yang secara terinteregasi membangun dan mendorong perubahan tingkah laku siswa baik dari aspek afektif kognitif maupun psikomotor. Perbaikan kualitas pembelajaran berupa penelitian tindaakn kelas ini dilaksanakan pada pelajaran matematika dengan kompetensi dasar lingkaran di kelas VIII B SMP Lab UM Malang pada pertengahan semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Dasar pemilihan obyek ini menurut guru matematika kelas VIII SMP Lab UM Malang (Tamyis Suliantoro S.Pd) siswa kelas VIII B SMP Lab UM Malang ini memiliki kecenderungan malas belajar dan kurang memiliki kesadaran untuk gemar belajar matematika dibanding kelas VIII yang lain sehinga proses pembelajaran matematika dikelas ini perlu ditingkatkan dengan upaya penelitan tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dalaksanakan dalam tiga siklus dengan langkah-langkah tiap siklusnya adalah (1) Perencanaan tindakan (planning) (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan proses dan hasil belajar (observing) dan (4) Analisis efek tindakan (reflecting). Data dalam penelitian ini berupa data proses dan data hasil belajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan teteknik (1) Observasi (2) Interview dan (3) Dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1992). Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Bersatu melalui ICMT dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran matematika siswa kelas VIII B SMP Lab UM Malang tahun pelajaran 2016/2017. ABSTRACT Adi Gunawan. 2017. Improving Mathematics Learning Outcomes in Circle Competencies with Unified Learning Strategy Through ICMT for class VIII B SMP Lab UM Malang. Thesis. DEPARTEMENT OF Mathematics FMIPA State University of Malang. Advisior Dr. Rustanto Rahardi M.Si Keyword Learning together and ICMT Mathematics is a universal science that underlies the development of modern technology and have an important role in various disciplines and advance the human mind. However not all students of SMP Lab UM Malang have a will and good ability in learning mathematics This is because teachers in teaching tend to give priority to teaching mechanically often forget the task of educating and only meet the curriculum targets. Though teaching is a process of learning activity that involves all the sensory elements thoughts feelings values and attitudes that ininterinterasi build and encourage changes in student behavior both from the affective cognitive and psychomotor aspects. Improvements to the quality of learning in the form of class tindaakn research was conducted on the basis of math competence circle for class VIII B of SMP Lab UM Malang mid second semester of academic year 2016/2017. Basic selection of this object according to class VIII junior high school math teacher Lab UM Malang (Tamyis Suliantoro S.Pd) junior class VIII B Lab has a tendency UM Malang lazy to learn and have little sense eager to learn mathematics than other class VIII so that the learning process of math in this class needs to be improved by the effort of class action research. This classroom action research is carried out in three cycles with the steps of each cycle (1) Planning (2) Acting (3) Observing and (4) Reflecting. The data in this research are process data and learning result data. The data were collected using techniques (1) Observation (2) Interview and (3) Documentation. After it is collected then analyzed using the proposed analysis by Miles dand Huberman (1992). Based on the results of this study it can be concluded that the Unified Learning Strategy through ICMT can improve the process and the results of learning mathematics students of class VIII B SMP Lab UM Malang year lesson 2016/2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16091

Actions (login required)

View Item View Item