Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Lisa Novela Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Lisa Novela Putri

Putri, Lisa Novela (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 7 Malang / Lisa Novela Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Lisa Novela. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Materi Persamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Kata Kunci PTK TGT persamaan nilai mutlak linear satu variabel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai ulangan harian 1 Matematika SMA Negeri 7 Malang. Hal ini ditandai dengan ketidaktuntasan siswa kelas kelas X Bahasa sebesar 39 28% XA1 sebesar 32 35 % kelas XA2 sebesar 40% dan kelas XA5 sebesar 38 25%. Menurut guru pelajaran matematika suatu kelas dikatakan tuntas jika ketuntasan klasikal di atas 70 %. Demikian pula berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap salah satu guru matematika dan siswa kelas X MIPA diketahui bahwa kegiatan diskusi kelompok tidak berjalan maksimal karena anggota kelompok kurang heterogen. Disamping itu proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dengan menjawab soal-soal yang berkaitan dengan materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel pada tahap turnamen yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kelas X Bahasa di SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus dengan masing-masing siklus yaitu 2 kali pertemuan. Data yang dikumpulkan merupakan data kuantitatif yang meliputi skor turnamen dan hasil tes siklus serta data observasi aktivitas siswa dan guru . Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah (1) lebih dari atau sama dengan 70% siswa kelas X Bahasa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75 dimana 75 adalah SKM yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah dan (2) hasil observasi aktivitas guru dan siswa mencapai kriteria baik atau sangat baik. Hasil dari penelitian ini yaitu terjadinya peningkatan ketuntasan klasikal siswa. Presentase ketuntasaan klasikal siswa kelas X Bahasa mencapai 53 33% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 76 67% pada siklus 2. Sedangkan hasil observasi kegiatan guru dan siswa mencapai kriteria baik pada siklus 1 dan mencapai kriteria sangat baik pada siklus 2. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan TGT dalam penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi . Langkah-langkah penerapan pembelajaran TGT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu (1) pengajaran guru mengingatkan materi yang telah dipelajari dan memberikan motivasi terkait masalah sehari-hari kemudian memberikan pengantar materi kepada siswa (2) belajar tim kelas dibagi menjadi 8 kelompok dengan anggota yang heterogen berdasarkan nilai yang telah dimiliki sebelumnya kemudian secara berkelompok mengerjakan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) (3)game dan turnamen siswa terpisah dengan kelompoknya masing-masing untuk bermain monopoli melawan siswa dari kelompok lain dengan kemampuan yang setara dimana skor yang diperoleh setiap siswa pada turnamen akan menjadi skor kelompok (4) rekognisi tim guru memberikan penghargaan kepada kelompok sesuai dengan jumlah skor kelompok yang diperoleh pada saat turnamen. ABSTRACT Putri Lisa Novela. 2017. Application of Cooperative Learning Model type TGT (Teams Games Tournament) on Material Equation of Linear Absolute Value of One Variable to Increase Study Achievement of Student of Class X Bahasa Senior High School 7 Malang. Mini Thesis Mathematics Department Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Advisor Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Keywords Class Action Research Teams Games Tournaments(TGT) Study Achievement Equation of Absolute Value Linear One Variable This research is motivated by low daily test score 1 Mathematics Senior High School 7 Malang. It is characterized by non-completeness of class X Bahasa 39 28% students XA1 students 32 35% class XA2 equal to 40% and class XA5 equal to 38 25%. According to the mathematics teacher a class is said to be complete if classical completeness is above 70%. Similarly based on the results of interviews and observations of one of the mathematics teacher and students of class X MIPA it is known that group discussion activities do not run optimally because the group is not heterogeneous. In addition the learning process is still dominated by teachers and students are not actively involved in the learning process. The purpose of this study is to describe the cooperative learning steps of type TGT (Teams Games Tournaments) by answering the questions related to the material equation of linear absolute value of one variable at the stage of the tournament that can be used to improve learning results of class X Language in SMA Negeri 7 Malang . This research is a classroom action research which last for 2 cycles with each cycle that is 2 times meeting. The data collected are quantitative data which includes tournament score and cycle test result and observation data of student and teacher activity. The success criteria of this research are (1) more than or equal to 70% of students of X Language Class get value more than or equal to 75 where 75 are SKM which has been established by the school and (2) observation result of teacher activity and student reach good criterion Or very good. The result of this research is the increase of students classical completeness. The percentage of classical demise of class X Language students reached 53.33% in cycle 1 and increased to 76.67% in cycle 2. While the observation of teacher and student activities reached the criteria both in cycle 1 and achieved very good criteria in cycle 2. Results of research Concluded that learning with TGT in this study can improve student learning outcomes in the material. The steps of applying TGT learning that can improve student learning outcomes namely (1) teaching teachers remind the material that has been studied and provide motivation related to daily problems then provide the introductory material to students (2) learn the team the class is divided into 8 groups (3) games and tournaments separate students with their own groups to play a monopoly against students from other groups with equal ability where the scores obtained each Students in the tournament will be group scores (4) team recognition teachers reward groups according to the number of group scores obtained at the time of the tournament. Board of Examiner Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Chair NIP 19560320 198203 2 001 Lucky Tri Oktoviana S.Si. M.Kom. Member NIP 19681003 199702 2 001 Aning Wida Yanti S.Si. M.Pd. Member NIP 19801207 200801 2 010

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16090

Actions (login required)

View Item View Item