Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi lingkaran kelas VIII / Ida Kuswandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi lingkaran kelas VIII / Ida Kuswandani

Kuswandani, Ida (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi lingkaran kelas VIII / Ida Kuswandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kuswandani Ida 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Lingkaran Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nur Hakiki M.Pd. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing Lingkaran Perangkat Pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan oleh guru untuk menyelenggarakan dan mengelola suatu kegiatan pembelajaran untuk siswa. Dengan menggunaan perangkat pembelajaran guru akan dapat mengurangi kegiatannya menjelaskan pelajaran memiliki banyak waktu untuk membimbing siswa dalam belajar atau membelajarkan siswa. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam pengembangan ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Dari hasil wawancara dengan guru dan beberapa siswa SMP Kartika IV-8 Malang kelas VIII A diperoleh fakta lapangan yang menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik terutama pada materi Lingkaran karena guru beranggapan siswa tidak terbiasa dengan pendekatan tersebut. Keberadaan LKS dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika bertujuan membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan penafsiran masalah matematika. Di samping penggunaan LKS dalam pembelajaran metode yang digunakan guru juga diharapkan dapat memfasilitasi pemahaman konsep. Alternatif metode yang dapat digunakan adalah penemuan terbimbing. Penemuan terbimbing merupakan salah satu metode yang menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid praktis dan efektif pada materi lingkaran. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing pada materi lingkaran adalah model pengembangan Plomp. Produk yang telah dikembangkan berupa RPP LKS ulangan harian lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kegiatan siswa dan angket respon siswa beserta semua lembar validasinya. Uji kepraktisan dilakukan untuk mengetahui tingkat kepraktisan perangkat yang digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan angket siswa. Uji keefektifan dilakukan untuk mengetahui kegunaan perangkat yang dikembangkan dalam membantu pemahaman siswa tentang konsep lingkaran dengan melihat perolehan nilai ulangan harian dan lembar observasi kegiatan siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (1) skor kevalidan RPP LKS dan UH untuk materi lingkaran ini telah dinyatakan valid dengan skor berurut-turut 3 39 3 45 dan 3 5 (2) skor kepraktisan kegiatan guru mencapai3 26 dengan kriteria tinggi dan angket respon siswa mencapai skor 3 49 dengan kriteria respon positif. (3) skor keefektifan kegiatan siswa selama proses pembelajaran mencapai skor 3 34 dengan kriteria

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item