Romdhani, Ahmad Mundzir (2019) Pengembangan e-modul keanekaragaman herba hutan musim Taman Nasional Baluran berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan mahasiswa / Ahmad Mundzir Romdhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Romdhani Ahmad Mundzir. 2019. Pengembangan E-Modul Keanekaragaman Herba Hutan Musim Taman Nasional Baluran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fatchur Rohman M.Si (2) Dr. Murni Saptasari M.Si Kata kunci E-Modul Keanekaragaman Herba Problem Based Learning Keterampilan berpikir kritis Sikap Peduli Lingkungan Keterampilan berpikir kritis perlu ditumbuhkembangkan dalam mewujudkan perbaikan proses pendidikan di Indonesia untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih bemakna serta menekankan pada belajar mandiri dan kreatif (Adi Junining 2013 Kalelioglu Gulbahar 2014). Kemampuan pemecahan masalah yang muncul di lingkungan tidak hanya mengandalkan berpikir kritis saja namun perlu dipadukan dengan aspek sikap salah satunya yaitu sikap peduli lingkungan karena sikap peduli lingkungan termasuk 18 nilai karakter bangsa yang harus ditumbuhkembangkan (Hazami Ridlo Iswari 2015). Kedua kemampuan ini perlu ditumbuhkembangkan dalam bentuk bahan ajar modul elektronik terutama di matakuliah ekologi. Capaian belajar matakuliah ekologi adalah memiliki keterampilan mengumpulkan mengolah dan menganalisis data ekologi dan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah ekologi (Ekologi 2018). Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan e-modul keanekaragaman herba hutan musim Taman Nasional Baluran berbasis problem based learning pada matakuliah ekologi materi struktur komunitas untuk meningkatkan berpikri kritis dan sikap peduli lingkungan mahasiswa e-modul ini diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran dengan baik dan menambah wawasan mahasiswa mahasiswa dapat belajar aktif dan mampu memperkaya informasi. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analyze design develop implement dan evaluate. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Validitas produk diukur berdasarkan uji validitas media materi dan praktisi lapang. Kepraktisan produk diukur berdasarkan respon mahasiswa dengan menggunakan lembar angket respon setelah penggunaan e-modul. Keefektifan produk diukur berdasarkan hasil pretest dan posttest implementasi e-modul keanekaragaman herba. E-modul keanekaragaman herba yang dikembangkan dikatakan valid praktis dan efektif. Valid berdasarkan telah ahli media (95 13%) dan ahli materi (96 35%) praktisi lapangan (91 66%.). Praktis berdasarkan respon mahasiswa (84 06%). E-modul keanekaragaman herba efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan gain score diperoleh nilai 0 65 dengan kategori sedang cenderung tinggi dan berdasarkan Z hitung Wilcoxon Signed Ranks Test yang diperoleh sebesar 5 318. E-modul keanekaragaman herba juga efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan berdasarkan gain score diperoleh nilai 0 09 dengan kategori rendah dan berdasarkan nilai t hitung yang diperoleh adalah 3 268.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160872 |
Actions (login required)
View Item |