Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan RME (Realistic Mathematics Education) dengan media LEGO Bricks pada materi pola bilangan kelas VIII / Deka Inggrit Ratna Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan RME (Realistic Mathematics Education) dengan media LEGO Bricks pada materi pola bilangan kelas VIII / Deka Inggrit Ratna Wati

Wati, Deka Inggrit Ratna (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan RME (Realistic Mathematics Education) dengan media LEGO Bricks pada materi pola bilangan kelas VIII / Deka Inggrit Ratna Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wati Deka Inggrit Ratna. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan RME (Realistic Mathematics Education) dengan Media LEGO Bricks Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Kata Kunci LEGO bricks perangkat pembelajaran pola bilangan RME. Seiring dengan perubahan kurikulum 2013 diharapkan siswa dapat memahami materi yang mereka pelajari dan dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam memahami materi tidak terlepas dari perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan masih belum mampu memfasilitasi siswa untuk berperan aktif menemukan konsep matematika sehingga siswa kesulitan untuk memahami materi. Sejalan dengan standar proses Kurikulum 2013 salah satu ide utama dari pembelajaran bercirikan RME (Realistik Mathematics Education) yang adalah bahwa siswa tidak bisa dianggap sebagai penerima pasif dari pembelajaran matematika namun dalam pembelajaran matematika hendaknya siswa harus diberi kesempatan untuk menemukan kembali (reinvention) ide dan konsep matematika dengan bimbingan guru. Perangkat pembelajaran bercirikan RME adalah perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) yang menggunakan konteks/situasi sebagai titik awal pembelajaran. LEGO bricks dapat digunakan sebagai media sekaligus titik awal pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk menemukan kembali konsep matematika secara mandiri dengan bimbingan guru. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran bercirikan RME berbantuan LEGO bricks untuk memahamkan siswa kelas VIII pada materi pola bilangan. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp (2013 19) terdiri atas (1) tahap pendahuluan (preliminary research) (2) tahap prototipe atau pengembangan produk (prototyping phase) dan (3) tahap asesmen (assessment phase). Uji kevalidan dilakukan oleh dua orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan satu orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 33 siswa kelas VIII-C SMPN 24 Malang sebagai subjek uji coba yang diamati oleh satu orang praktisi dan satu orang observer. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 57 dan 3 58 (2) skor kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 78 dan 3 27 dan (3) persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM adalah 81 82% yang ditunjukkan dengan semua subjek uji coba memperoleh nilai akhir lebih dari atau sama dengan 75. Dengan demikian perangkat pembelajaran materi pola bilangan berciri RME berbantuan media LEGO bricks yang dihasilkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Meskipun perangkat pembelajaran telah dinyatakan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba tetap dilakukan untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan. SUMMARY Wati Deka Inggrit Ratna. 2017. Developing Learning Instruments Characterized by RME (Realistic Mathematics Education) using LEGO Bricks Media for Number Pattern Material of Grade VIII. Undergraduate Thesis Department of Mathematics Faculty of Mathematics and Sciences State University of Malang. Advisor Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Key words learning instruments RME LEGO bricks number pattern Based on curriculum 2013 students are expected to understand the material they learn and actively involved in the learning process. Students activeness in understanding the material cannot be separated from the learning instruments used by teachers in the learning process. But in reality the use of learning instruments still not be able to facilitate the students to find mathematical concepts actively so that students are difficult to understand the material. One of the main ideas of mathematics instructional characterized by RME (Realistic Mathematics Education) in line with the standards process of Curriculum 2013 is that students cannot be considered as passive recipients of mathematics learning but in mathematics instruction students should be given the opportunity to reinvention ideas and mathematical concepts with teacher guidance. The learning instruments characterized by RME is a learning instruments in the form of RPP (Lesson Plan) and LKS (Student Worksheet) using context/ situation as the starting point of learning. LEGO bricks can be used as a medium as well as a starting point of learning that gives students the opportunity to reinvention the mathematics concept independently with teacher guidance. Therefore the researcher intends to develop learning instruments characterized by RME with LEGO bricks for VIII grade students to understand numbers pattern material. The aim of this reasearch is to developing a valid practical and effective learning instruments. The development model refers to the Plomp (2013 19) development model which consist of (1) preliminary research (2) prototyping phase and (3) assessment phase. The validity test was validated by two validators consist of one mathematics lecturer and one practitioner. While the test of practicality and effectiveness are done by small-group tryout on 33 students of VIII-C students at SMPN 24 Malang as a test subject observed by one practitioner and one observer. According to data analysis the reasearch results are (1) the validity score of RPP and LKS are 3.57 and 3.58 respectively (2) the practicality score of RPP and LKS are 3.78 and 3.27 respectively (3) the percentage of students who scored above the KKM is 81 82% that indicated by the final score of all test subject are more than or equal to 75. Thus the learning instruments characterized by RME with LEGO bricks for VIII grade students to understand numbers pattern material are valid practical and effective. Altough the developed learning instruments has satisfied the criteria of validity practicality and effectiveness the researcher persistently revises the product to improve the developed product based on the validator s comments or suggestions and also the result of conducted experiment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16087

Actions (login required)

View Item View Item