Pengaruh modul pengendalian pembelahan sel berbasis penelitian profil genetik kanker payudara terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif / Iin Murtini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modul pengendalian pembelahan sel berbasis penelitian profil genetik kanker payudara terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif / Iin Murtini

Murtini, Iin (2019) Pengaruh modul pengendalian pembelahan sel berbasis penelitian profil genetik kanker payudara terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif / Iin Murtini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Murtini I. 2019. Pengaruh Modul Pengendalian Pembelahan Sel Berbasis Penelitian Profil Genetik Kanker Payudara terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah S. Pd. M. Pd. dan (II) Dra. Dwi Listyorini M. Si. D. Sc. Kata kunci modul pengendalian pembelahan sel kanker payudara keterampilan berpikir kritis kemampuan kognitif Pembelajaran pada abad 21 lebih mengarah pada mahasiswa yang aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat memberdayakan keterampilan yang dimiliki mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diberdayakan meliputi berpikir kritis kolaborasi berpikir kreatif komunikasi. Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan untuk membantu mahasiswa dalam menghadapi perkembangan zaman dan dapat diberdayakan pada mata kuliah biologi sel. Hasil observasi yang dilakukan pada empat Perguruan Tinggi di Malang diperoleh data bahwa terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran pada matakuliah biologi sel yaitu kemampuan mahasiswa yang beragam sulitnya mencari gambar yang relevan dan terbatasnya ketersediaan bahan ajar yang digunakan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat menyebabkan mahasiswa kesulitan memahami materi yang dipelajari. Upaya yang dilakukan yaitu menyusun modul pengendalian pembelahan sel berbasis penelitian dan menerapkan dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji 1) pengaruh modul pengendalian pembelahan sel berbasis penelitian kanker payudara terhadap keterampilan berpikir kritis 2) pengaruh modul pengendalian pembelahan sel berbasis penelitian kanker payudara terhadap kemampuan kognitif mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini yaitu 28 mahasiswa kelas eksperimen dan 28 mahasiswa kelas kontrol pada Jurusan Biologi Fakultas Saintek UIN Maliki Malang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan modul pengendalian pembelahan sel berbasis penelitian dan kelas kontrol tidak menggunakan modul pengendalian pembelahan sel berbasis penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest ketika sebelum dimulai pembelajaran dan posttest diberikan setelah diberikan perlakuan penelitian. Analisis data menggunakan uji t tak berpasangan dengan bantuan Software SPSS 25.0 for Windows pada taraf signifikasi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang belajar menggunakan modul dibandingkan dengan yang tidak menggunakan modul (p 0 000 0 05) dan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif mahasiswa yang belajar menggunakan modul dibandingkan dengan yang tidak menggunakan modul (p 0 000 0 05). Saran dari penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan modul berbasis penelitian sebaiknya dilaksanakan secara berkelanjutan untuk membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160856

Actions (login required)

View Item View Item