Konversi lignoselulosa Eucheuma denticulatum (limbah industri karagenan) menjadi bioetanol dan pengembangannya sebagai buku ajar berorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (PBB) dalam matakuliah bioteknologi / Lely Mardiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Konversi lignoselulosa Eucheuma denticulatum (limbah industri karagenan) menjadi bioetanol dan pengembangannya sebagai buku ajar berorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (PBB) dalam matakuliah bioteknologi / Lely Mardiyanti

Mardiyanti, Lely (2019) Konversi lignoselulosa Eucheuma denticulatum (limbah industri karagenan) menjadi bioetanol dan pengembangannya sebagai buku ajar berorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (PBB) dalam matakuliah bioteknologi / Lely Mardiyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mardiyanti Lely. 2019. Konversi Lignoselulosa Eucheuma denticulatum (Limbah Industri Karagenan) Menjadi Bioetanol dan Pengembangannya sebagai Buku Ajar Berorientasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) dalam Matakuliah Bioteknologi. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked. dan (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci Lignoselulosa bioetanol buku ajar pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan bioteknologi Program S-1 berada pada jenjang 6 Kerangkan Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang salah satu deskripsi Capaian Pembelajarannya (CP) yaitu mampu menggunakan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Sains (IPTEKS) untuk menyelesaikan masalah dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Salah satu masalah yang dihadapi di abad 21 yakni pembangunan dunia ke arah sustainabilitas diantaranya yakni sustainabilitas energi melalui Energi Baru Terbarukan (EBT). Bioetanol merupakan salah satu EBT yang dihasilkan melalui proses fermentasi dan potensial dikembangkan di Indonesia. Pembuatan bioetanol dapat lebih sustainable dengan menggunakan bahan baku berupa lignoselulosa Eucheuma denticulatum (limbah industri karagenan). Hasil kajian isi Rencana Perkuliahan Semester (RPS) matakuliah bioteknologi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang yang dibuat oleh Dosen pengampunya menunjukkan prosedur fermentasi bioetanol dari lignoselulosa dapat dibelajarkan sebagai variasi konten dalam materi teknologi fermentasi. Hasil analisis kebutuhan memperlihatkan sebagian besar mahasiswa masih merasa kesulitan dalam mengkakses bahan ajar yang sesuai dalam perkuliahan bioteknologi. Hasil analisis juga memperlihatkan bahan ajar yang memudahkan pemahaman mahasiswa yakni bahan ajar tercetak berupa buku. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan dengan tujuan 1) menghasilkan buku ajar dengan konten Teknologi Fermentasi dalam Biorefinery Kajian dari Konversi Lignoselulosa E. denticulatum Menjadi Bioetanol berorientasi PPB yang valid praktis dan efektif sebagai salah satu bahan ajar matakuliah bioteknologi dan 2) mengetahui metode starter dan lama waktu fermentasi yang paling optimal dalam menghasilkan bioetanol dari lignoselulosa E. denticulatum (limbah industri karagenan). Penelitian pengembangan ini dilakukan pada September 2018 8210 Mei 2019 di Universitas Negeri Malang. Pengembangan buku ajar mengikuti alur model Dick Carey (analisis perancangan dan pengembangan evaluasi). Buku ajar dikembangkan dari prosedur penelitian laboratorium yang dilakukan oleh peneliti. Prosedur penelitian laboratorium yang dilakukan meliputi perlakuan awal sakarifikasi fermentasi dan pengukuran kadar bioetanol dengan perlakuan macam metode macam starter dan variasi lama waktu fermentasi. Pengukuran kadar hemiselulosa karagenan lignin dan selulosa sebelum dan setelah perlakuan awal kimia (perendaman dengan NaOH) dilakukan dengan metode Chesson sedangkan pengukuran kadar gula reduksi pasca sakarifikasi dilakukan dengan metode Luff Schoorl. Data kadar bioetanol yang diperoleh dianalisis menggunakan uji analisis varian (ANAVA) 3 jalur yang dilanjutkan dengan uji LSD dan Tukey. Uji validitas buku ajar dilakukan oleh validator ahli materi bioteknologi dan ahli media bahan ajar serta kelompok uji (60 mahasiswa yng telah menempuh matakuliah bioteknologi). Uji kepraktisan dan keefektifan buku ajar dilakukan pada 2 kelompok kecil yang masing-masingnya terdiri dari 12 mahasiswa yang belum menempuh matakuliah bioteknologi. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Uji validitas dan uji kepraktisan menggunakan instrumen angket sedangkan uji keefektifan menggunakan soal esai. Data hasil uji validitas dan kepraktisan buku ajar dianalisis dengan perhitungan persentase sedangkan data hasil uji keefektifan buku ajar dianalisis dengan N-Gain dan independent t-test. Hasil penelitian laboratorium memperlihatkan perlakuan awal (perendaman dengan NaOH) dapat dapat menghilangkan lignin dan karagenan serta dapat memisahkan selulosa dari lignin dan hemiselulosa dalam E. denticulatum. Hasil analisis kadar gula reduksi menunjukkan kadar glukosa dalam per 25 ml hidrolisat yakni sebesar 2 70% dengan aktivitas 10 ml enzim selulase dalam menghidrolisis selulosa menjadi glukosa pada waktu inkubasi 2 hari yakni sebanyak 0 12 Unit/ml. Hasil uji ANAVA 3 jalur dan uji lanjut memperlihatkan kadar bioetanol yang dihasilkan dari kedua variasi metode memiliki perbedaan signifikan pada pemberian starter Z. Mobilis dan waktu fermentasi 3 hari. Hasil validitas buku ajar memiliki rerata sebesar 96%. Keseluruhan aspek buku ajar direvisi sesuai dengan saran-saran yang diberikan untuk mencapai validitas 100%. Buku ajar dinyatakan praktis dengan rerata persentase kepraktisan sebesar 86 2%. Berdasarkan perhitungan N-Gain dan independent t-test penggunaan buku ajar juga dinyatakan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan beberapa kompetensi sustainabilitas (systems-thinking competence anticipatory competence normative competence dan strategic competence) mahasiswa secara signifikan. Produk dapat digunakan sebagai buku ajar pelengkap/suplemen pada PPB yang terintegrasi dengan matakuliah bioteknologi. Buku ajar sebaiknya disebarkan jika sudah mendapat International Standard Book Number (ISBN) dan dilakukan oleh penerbit. Pengujian lanjutan diperlukan untuk mengetahui keefektifan buku ajar dalam meningkatkan keterampilan sikap dan kompetensi sustainabilitas interpersonal competence.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160855

Actions (login required)

View Item View Item