Ningtyas, Riza Nurhermi (2019) Pengembangan e-module matakuliah mikrobiologi berbasis penelitian deteksi gen lipolitik Pseudomonas putida sebagai kandidat bioremediator untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa / Riza Nurhermi Ningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ningtyas Riza Nurhermi. 2019. Pengembangan E-Module Matakuliah Mikrobiologi Berbasis Penelitian Deteksi Gen Lipolitik Pseudomonas putida sebagai Kandidat Bioremediator untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Pembimbing (1) Dr. Endang Suarsini M.Ked . Pembimbing (2) Prof. Dr. agr. Mohamad Amin S.Pd. M.Si Kata kunci Bakteri Lipolitik E-module Pseudomonas putida Proses pembelajaran yang baik harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Sarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran adalah bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan juga harus sesuai dengan tingkat pendidikan. Bahan ajar yang dibutuhkan untuk tingkat pendidikan tinggi adalah bahan ajar yang berisi materi pembelajaran kontekstual yang disesuaikan dengan kehidupan nyata. Fenomena yang berkaitan dengan kehidupan nyata adalah limbah cair rumah sakit. Limbah cair rumah sakit berpotensi sebagai sumber pencemaran air. Hal ini dikarenakan limbah cair rumah sakit mengandung senyawa organik yang tinggi senyawa kimia dan mikroorganisme patogen. Senyawa organik yang menjadi parameter baku mutu limbah adalah kandungan lipid (lemak). Jika limbah cair tersebut tidak ditangani dengan baik maka akan merugikan lingkungan sekitar. Penanganan limbah cair tersebut masih belum optimal karena adanya kendala baik dari segi pembiayaan maupun proses pengolahan yang panjang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengolah limbah tersebut adalah dengan cara bioremediasi melalui bakteri indigen. Pseudomonas putida merupakan bakteri indigen yang mampu mendegradasi lipid. Kemampuan bakteri tersebut mampu mendegradasi lipid dapat dikaji melalui pendekatan molekuler yaitu melalui analisis dan fungsi gen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeteksi gen lipolitik Pseudomonas putida sebagai kandidat bioremediator limbah cair Rumah Sakit dan menghasilkan bahan ajar berupa e-module berbasis penelitian deteksi gen lipolitik Pseudomonas putida sebagai kandidat bioremediator limbah cair Rumah Sakit yang valid dan efektif. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu penelitian tahap I merupakan penelitian eksplorasi untuk mendeteksi gen lipolitik Pseudomonas putida. Penelitian tahap II merupakan penelitian pengembangan yaitu hasil penelitian pada tahap I dikembangkan sebagai bahan ajar berupa e-module matakuliah Mikrobiologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Model pengembangan menggunakan model ADDIE. Penelitian tahap I dilakukan pada bulan November 2018 Januari 2019. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang dan Laboratorium Mikrobiologi Universitas Brawijaya. Data yang didapat pada tahap penelitian I adalah data kualitatif hasil isolasi dan deteksi gen pengkode enzim lipase yang dianalisis secara deskriptif. Penelitian tahap II model ADDIE dilakukan pada bulan April Mei 2019. E-module yang dikembangkan diukur kevalidan kepraktisan dan Keefektivan untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa. Kevalidan e-module divalidasi oleh ahli materi ahli media dan praktisi lapangan. Kepraktisan e-module didapatkan dari hasil uji coba kelompok kecil. Keefektivan e-module untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa didapatkan dari nilai pretest dan posttest. Objek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang semester genap (IV) yang menempuh matakuliah Mikrobiologi yang terdiri dari satu kelas. Desain percobaan yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data berpikir kritis dengan memberikan soal pretest di awal pembelajaran dan posttest di akhir pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu nilai pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji t dan Gain Score (N-Gain). Hasil yang diperoleh dari penelitian tahap I yaitu hasil isolasi DNA memiliki kemurnian 1 90 dan kosentrasi sebesar 60 58 ng/ l dan suhu yang dapat mendeteksi adanya gen lipolitik adalah 66 5oC yang memiliki band tunggal dengan panjang 400 bp. Hasil penelitian tahap II yaitu tingkat kevalidan e-module dari segi materi mencapai 96 07% yang termasuk kategori sangat valid. Tingkat kevalidan e-module oleh ahli media mencapai 97 5% yang berarti sangat valid. Tingkat kevalidan e-module oleh praktisi lapangan mencapai 74 6%. Nilai tersebut termasuk kategori cukup valid dan harus dilakukan revisi. Tingkat kepraktisan e-module mencapai nilai 81 2% yang termasuk kategori praktis. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan e-module. Efektivitas e-module untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa memiliki nilai Gain Score sebesar 0 38 yang termasuk dalam kategori sedang. Beberapa saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu penelitian tahap I yang hanya sampai deteksi gen lipolitik dapat dilanjutkan sampai tahap analisis dan fungsi gen. Rancangan penelitian pengembangan dapat dilanjutkan menjadi penelitian quasi experiment. Keefektivan produk dapat diujikan untuk meningkatkan kemampuan 3C yang lain yaitu Creative thinking Communication dan Collaborative.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160854 |
Actions (login required)
View Item |