Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik terkait materi trigonometri kelas X SMA/MA / Bunga Dini Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik terkait materi trigonometri kelas X SMA/MA / Bunga Dini Rahayu

Rahayu, Bunga Dini (2017) Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik terkait materi trigonometri kelas X SMA/MA / Bunga Dini Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dini Rahayu Bunga. 2017. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Saintifik terkait Materi Trigonometri Kelas X SMA/MA. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pendidikan menjadi salah satu unsur penting dalam terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu kunci dari suatu keberhasilan pendidikan adalah pengaturan kurikulum. Di Indonesia kurikulum sudah mengalami perubahan berkali-kali sesuai dengan perkembangan jaman. Dimulai dari tahun 1974 yang disebut Rentjana Pelajaran hingga tahun 2017 dengan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dikembangkan dari pendektan tekstual menjadi pendekatan saintifik. Sejalan dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 mengenai implementasi Kurikulum 2013 bahwa Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern yaitu menggunakan pendekatan saintifik. Pada tahun 2016 Kurikulum 2013 mengalami perubahan dalam SKL KI dan KD yang mengakibatkan adanya perubahan yaitu berupa penambahan maupun pengurangan materi pada semua mate pelajaran salah satunya adalah pelajaran matematika pada materi trigonometri SMA kelas X. Perubahan kurikulum tersebut harus juga diiringi dengan perubahan bahan ajar yang digunakan di sekolah supaya tujuan pembelajaran yang akan dicapai tetap sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pengembangan bahan ajar matematika berupa buku teks adalah menjadi solusi yang ditawarkan mengingat buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang diatur dalam Permendiknas No 11 Tahun 2005 Pasal 43. Buku teks yang dikembangkan adalah buku teks yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku sehingga buku teks tersebut menggunakan pendekatan saintifik dan menonjolkan aspek 5M (mengamati menanya menggali informasi mengasosiasi dan mengomunikasikan). Penggunaan buku teks matematika berbasis saintifik diharapkan dapat mempermudah siswa untuk belajar sehingga dapat tercapainya suatu tujuan pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Penelitian pengembangan bahan ajar menggunakan metode pengembangan Plomp yang memuat 3 fase yaitu (1) preliminary research phase (fase penelitian awal) (2) development phase (fase pengembangan) dan (3) assessment phase (fase asesmen). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik ini diuji cobakan kepada siswa SMAN 02 Batu kelas X. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan antara lain tanggapan ahli materi dan uji lapangan. Berdasarkan hasil pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik diperoleh presentase hasil kevalidan 86 7 % kepraktisan 87 79 % dan keefektifan 83 4% .Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan pendekatan saintifik layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16085

Actions (login required)

View Item View Item