Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP pada materi prisma dan limas / Desi Ayu Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP pada materi prisma dan limas / Desi Ayu Wahyuni

Wahyuni, Desi Ayu (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP pada materi prisma dan limas / Desi Ayu Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Desi Ayu. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Siswa SMP pada Materi Prisma dan Limas. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rustanto Rahardi M. Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) prisma dan limas Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP pada materi prisma dan limas dengan kriteria valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) merupakan perangkat pembelajaran yang mencerminkan penggunaan 5 karakteristik RME. Terdapat 5 karakteristik RME yaitu 1) penggunaan konteks (use of context) 2) penggunaan model (use of model) 3) penggunaan hasil konstruksi siswa (student contribution) 4) interaktivitas (interactivity) dan 5) keterkaitan (intertwining). Penelitian ini menggunakan model Plomp dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Model Plomp terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap penelitian awal (preliminary research phase) tahap pengembangan (prototyping phase) dan tahap penilaian (assessment phase) (Plomp 2010 27). Pada penelitian ini dilakukan uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Uji kevalidan dilakukan dengan pengisian lembar validasi oleh seorang dosen jurusan matematika dengan pendidikan minimal S2 dan seorang guru matematika dengan pendidikan minimal S1. Uji kepraktisan dilakukan dengan pengisian lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa oleh dua orang observer yang sedang menempuh S1 Pendidikan Matematika serta pengisian angket respon siswa. Uji keefektifan dilakukan dengan pelaksanaan pengisian LKS dan kuis. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 30 (skala 1-4) dan 3.58 (skala 4) (2) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dengan skor pengamatan aktivitas guru skor pengamatan aktivitas siswa dan skor respon siswa berturut-turut adalah 3.25 (skala 4) 3.18 (skala 4) dan 3.21 (skala 4) dan (3) perangkat pembelajaran dinyatakan efektif dengan 87.50% peserta didik memperoleh nilai akhir minimal 75. Dengan demikian perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi prisma dan limas yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Namun beberapa revisi dilakukan berdasarkan komentar dan saran yang diberikan untuk menyempurnakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16084

Actions (login required)

View Item View Item