Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang / Riri Rahmadani Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang / Riri Rahmadani Putri

Putri, Riri Rahmadani (2019) Pengaruh model pembelajaran ricosre dengan kemampuan akademik berbeda terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif pada siswa kelas X SMA Negeri di Malang / Riri Rahmadani Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Riri Rahmadani. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri di Malang. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Susriyati Mahanal M.Pd (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Akademik Kemampuan Penalaran Ilmiah RICOSRE. Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan siswa menghadapi zaman yang semakin maju. Hasil dari penerapan pendidikan di abad 21 mampu membuat siswa memahami keadaan yang ia hadapi dan menghubungkan dengan konsep dan mampu bernalar ilmiah dalam menyikapi permasalahan. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN di Malang siswa lemah dalam bernalar ilmiah sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif siswa pada materi Bakteri dan Protista. Kemampuan penalaran dan hasil belajar tidak terlepas dari kemampuan akademik siswa kemampuan akademik yang berbeda berdampak pada hasil belajar kognitif dan penalaran ilmiah. Penalaran ilmiah dapat dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah salah satunya RICOSRE. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik berbeda terhadap penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest non equivalen control group design. Populasi penelitian seluruh siswa di Malang. Sampel penelitian adalah siswa Kelas X SMAN 1 Malang dan SMAN 7 Malang. Seluruh siswa sampel penelitian kelas eksperimen kontrol positif dan negatif dikelompokkan menjadi siswa dengan kemampuan akademik tinggi (33% nilai UN teratas) dan rendah (33% nilai UN terbawah). Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes pada KD. 3.5 dan 3.6. Uji prasyarat terdiri dari uji homogenitas dan normalitas. Uji hipotesis menggunakan Anakova dengan taraf signifikansi 0.05 kemudian dilanjutkan uji BNT. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 1) RICOSRE berpengaruh terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif 2) Kemampuan akademik berpengaruh terhadap kemampuan penalaran Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif siswa dan 3) Interaksi antara model pembelajaran RICOSRE dan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Sarannya untuk kedepan dapat melihat pengaruh RICOSRE pada kemampuan abad 21 lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160837

Actions (login required)

View Item View Item