Lidiastuti, Arinda Eka (2019) Pengembangan model pembelajaran exair berbasis brain-based learning dipadu whole brain teaching dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi SMA / Arinda Eka Lidiastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lidiastuti Arinda Eka. 2019. Pengembangan Model Exair berbasis Brain-Based Learning dipadua Whole Brain Teaching dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi SMA. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci berpikir kritis hasil belajar pengembangan model. Fakta di lapangan keterampilan berpikir kritis siswa masih kurang. Keterampilan berpikir kritis memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir kritis rendah maka hasil belajar juga rendah. Salah satu kendala yang dihadapi siswa saat belajar salah satunya terkait dengan rasa kurang nyaman di kelas sehingga siswa kurang fokus dalam belajar. Hal ini menyebabkan keterampilan berpikir kritis siswa rendah. Model pembelajaran yang mampu menciptakan lingkungan belajar nyaman dan menyenangkan adalah Exair berbasis Brain-Based Learning namun model tersebut memiliki kekurangan. Kekurangan dari model tersebut adalah kurangnya sapaan aktif. Sapaan aktif terdapat dalam model Wholeh Brain Teaching sehingga kedua model pembelajaran dipadu menghasilkan model pembelajaran Exair-Brain Learning. Pengembangan model dilakukan dengan pengembangan model Reeves (2012) yang memiliki empat tahapan yakni analisis permasalahan oleh peneliti (analysis of practical problems by researchers) pengembangan solusi prototipe (development of prototype solutions) pengulangan siklus dari tes (iterative cycles of testing) dan refleksi hasil (refleaction to produce). Model pembelajaran dikatakan layak ketika valid praktis dan efektif. Valid dilakukan dengan validasi perangkat materi dan pengembangan. Praktis dilakukan dengan angket respon siswa dan guru. Efektif dilakukan dengan N-gain. Hasil validitas pada perangkat pada RPP adalah 92.18 dengan kategori sangat valid validitas silabus adalah 100 dengan kategori sangat valid perangkat UKB mendapatkan 94.86 dengan kategori sangat valid. Validasi perangkat dengan kategori sangat valid dapat digunakan dalam implementasi model dengan sedikit revisi. Hasil validasi materi pada RPP mendapatkan rerata 100 begitu juga pada UKB. Validasi materi dengan kategori sangat valid dapat digunakan dalam implementasi. Validasi soal Pre Test dan Post Test juga mendapatkan skor 100 sehingga dapat digunakan. Validasi pengembangan model mendapatkan rerata 99.44 dengan kategori sangat valid sehingga dapat digunakan dengan sedikir revisi. Respon guru mendapatkan hasil 86.36 kategori sangat baik dan respon siswa mendapatkan hasil 68.95 dengan kategori baik. Hasil N-gain pada keterampilan berpikir kritis mendapatkan hasil 0.44 kategori sedang dan hasil belajar mendapatkan 0.42 dengan kategori sedang. Model pembelajaran berdasarkan hasil tersebut dikatakan valid praktis dan efektif sehingga dilanjutkan dengan implementasi. Hasil implementasi model belajar pada variabel terikat (berpikir kritis dan hasil belajar kognitif memiliki pengaruh terhadap model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160835 |
Actions (login required)
View Item |