Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah program linear ditinjau dari tipe kepribadian / Khensia Senanda Novyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah program linear ditinjau dari tipe kepribadian / Khensia Senanda Novyanto

Novyanto, Khensia Senanda (2017) Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah program linear ditinjau dari tipe kepribadian / Khensia Senanda Novyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novyanto Khensia Senanda.2017.Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Ditinjau dari Tipe Kepribadian .Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Proses Berpikir Fase Pemecahan Masalah Program Linear Dua Variabel Ekstrovert Introvert Ambivert Matematika merupakan salah satu pelajaran yang melatih siswa untuk memecahkan masalah. Masalah yang sering ditemui salah satunya berkaitan dengan program linear dua variabel. Saat memecahkan masalah ada 4 fase yang harus dilalui yaitu memahami masalah menyusun rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian serta memeriksa kembali. Dan pada setiap fasenya ada proses berpikir yang dialami siswa. Proses berpikir memiliki 3 tahap yakni pembentukan pengertian pembentukan pendapat dan pembentukan keputusan. Proses berpikir merupakan aspek esensial dalam pembelajaran karena dapat mengetahui proses berpikir yang terjadi dan membenarkannya. Dan setiap tipe kepribadian yakni ekstrovert introvert serta ambivert memiliki proses berpikir yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menyebabkan perbedaan dalam pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian merupakan 6 siswa kelas XI SMAN 5 Malang dimana masing-masing tipe kepribadian diwakili oleh 2 subjek. Pemilihan subjek penelitian dilakukan oleh seorang psikolog melalui tes yang berjudul Eysenck Personality Inventory-A . Selanjutnya subjek penelitian diberi 2 soal pemecahan masalah dengan materi program linear dua variabel. Setelah mengerjakan soal subjek akan diwawancarai terkait jawaban mereka. Hasil tes dan wawancara tersebut kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses berpikir yang dilalui semua subjek pada fase memahami masalah adalah proses berpikir pembentukan pengertian dan pembentukan pendapat. Pada fase menyusun rencana penyelesaian semua subjek menggunakan proses berpikir pembentukan pendapat. Pada fase melaksanakan rencana penyelesaian semua subjek menggunakan proses berpikir pembentukan pendapat dan pembentukan keputusan. Dan pada fase memeriksa kembali semua subjek menggunakan proses berpikir pembentukan keputusan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam memecahkan masalah program linear semua siswa dengan tipe kepribadian yang berbeda memiliki proses berpikir yang sama. ABSTRACT Novyanto Khensia Senanda.2017.Analysis of Student Thinking Processes in Solving Linear Programming Problems Based on Personality Types. Essay Mathematics Department Faculty of Mathematics and Science Malang State University. Supervisor Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Key Words Thinking Process Phase of Problem Solving Linear Programming of Two Variables Extrovert Introvert Ambivert Mathematics is one of the lessons that train students to solve problems. Problems that are encountered sometimes related to the linear program of two variables. When solving the problem there are 4 phases that must be passed that is understanding the problem devising a plan carrying out the plan and looking back. And in each phase there is a thinking process that students pass. The thinking process has 3 stages there are forming of understanding forming of opinions and forming of decision. Thinking process is an essential aspect of learning since teacher can know students thinking process and justify if there are any mistake. And every type of personality that is extrovert introvert and ambivert have different thinking process. These differences lead to differences in decision making in solving problems. This research is a descriptive research with qualitative approach. Research subjects are 6 students of grade XI at Senior High School 5 Malang which each personality type is represented by 2 subjects. Selection of research subjects conducted by a psychologist through a test entitled Eysenck Personality Inventory-A . Furthermore the research subjects are given 2 problem solving questions about linear program of two variables. After do the problem the subject will be interviewed regarding their answer. Then the tes results and interview result are analyzed by researchers. The result of the analysis shows that the process thinking of all the subjects in understanding the problem phase are forming of understanding process thinking and forming of opinion process thinking. In the devising a plan phase all subjects using the forming of opinions thinking process. In the carrying out the plan all of subjects using the forming of opinions thinking process and forming of decision thinking process . And in the looking back phase all of subjects using forming of decision thinking process. So it can be concluded that in solving linear programming problems all students with different types of personality have same thinking process..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item