Pengaruh model pembelajaran project e-based learning terintegrasi stem (pjbl-stem) terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi, keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa SMAN 5 Malang / Jimmi Andrew Mamahit - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project e-based learning terintegrasi stem (pjbl-stem) terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi, keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa SMAN 5 Malang / Jimmi Andrew Mamahit

Mamahit, Jimmi Andrew (2020) Pengaruh model pembelajaran project e-based learning terintegrasi stem (pjbl-stem) terhadap keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi, keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa SMAN 5 Malang / Jimmi Andrew Mamahit. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL-STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif keterampilan berkomunikasi keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa di SMA N 5 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian yang diambil adalah pretest-posttest Nonequivalent Control Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen kelas kontrol positif 1 dan kelas kontrol positif 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 5 Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 8 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling untuk kelas yang setara kemampuan akademiknya. Penentuan kelas penelitian melalui pemberian soal uji kesetaraan untuk mengetahui tingkat kemampuan setiap kelas. Penentuan kelas sampel didapati pada kelas XC dengan pembelajaran PjBL-STEM kelas XD dengan pembelajaran PjBL dan kelas XE dengan pembelajaran PBL. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes uraian pada KD 3.2 KD 3.5 dan KD 3.6. Penelitian ini analisis data menggunakan teknik analisis Anakova tunggal. Sebelum melakukan analisis hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov. Uji homogentias menggunakan Levene rsquo s Test of Equality of Error Variances. Hasil uji Anakova menunjukkan model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kreatif keterampilan berkomunikasi keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa dengan sig.hitung 0 000. Hasil perolehan data tersebut memperlihatkan bahwa hasil sig.hitung (0 000) lt sig.tabel (0 05) yang berarti hipotesis penelitian diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif keterampilan berkomunikasi keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji lanjud LSD memperlihatkan bahwa model pembelajaran PjBL-STEM lebih tinggi dan berbeda signifikan dengan model pembelajaran PjBL dan model pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160827

Actions (login required)

View Item View Item