Rahmadani, Riski (2020) Pengembangan modul berbasis discovery learning berdasarkan analisis kompenen keragaman karakter argonomik dan morfologik kedelai untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa / Riski Rahmadani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perguruan tinggi perlu melakukan pengembangan dan perbaikan pembelajaran sehingga dapat menjamin mutu sumberdaya manusia yang memiliki keterampilan dan kompetensi untuk menghadapi tantangan Abad 21. Pembelajaran di era abad 21 menuntut mahasiswa tidak hanya pintar secara akademis namun memiliki keterampilan-keterampilannya yang mendukung untuk hidup di abad 21 yang semakin kompleks dan kompetitif. Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan tingkat tinggi yang perlu untuk konsep pembelajaran abad 21. Berdasarkan fakta di lapangan pembelajaran Matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi masih diperlukan bahan ajar yang dapat menunjang mahasiswa untuk belajar karena sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa kesulitan dalam belajar botani tumbuhan tinggi. Berdasarkan tingkat kesulitannya 80% mahasiswa memilih materi Spermatophyta dengan alasan pada materi ini perlu adanya penjelasan lebih lanjut terutama pada kegiatan praktikum tentang Agiospermae dan 75% memilih modul. Strategi yang dianggap tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menyediakan bahan ajar yang dapat merangsang minat dan kemampuan berpikir serta dapat dipelajari secara mandiri sehingga mahasiswa lebih fokus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Modul dikembangkan melalui model pengembangan ASIE yang selanjutnya diuji validasi dan diimplementasikan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan. Karakter 8 persilangan bahwa hasil analisis komponen utama agronomi dan morfologi menunjukkan keragaman yang tinggi ada pada galur UM 6.2/Panderman dan UM 6.3/Panderman yakni kedua resiprok memiliki hasil keragaman karakter agronomi dan morfologi yang tinggi. Galur yang diseleksi untuk generasi F4 terdapat hasil keragaman yang tinggi untuk Agronomi dan morfologi pada galur Panderman/UM 3.4 dan UM 3.4 Panderman. Modul Spermatophyta berdasarkan analisis komponen keragaman karakter morfologi dan agronomi kedelai tahan virus CpMMV varietas Panderman telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Kriteria kevalidan ahli media mendapatkan nilai 90 34% dengan kriteria valid. Hasil uji kepraktisan didapatkan bahwa modul yang dikembangkan kategori praktis dengan nilai kepraktisan 82 3%. Hasil uji keefektifan berdasarkan N-gain ternormalisasi keterampilan proses sains diperoleh rata-rata sebesar 0 66 dengan kriteria sedang. Hasil uji keterampilan pemecahan masalah tiap indikator menunjukkan peningkatan disetiap indikator keterampilan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160826 |
Actions (login required)
View Item |