Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII berdasarkan penelitian analisis korelasi kanonik dari persilangan tanaman kedelai/ Rizka Nurlaili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII berdasarkan penelitian analisis korelasi kanonik dari persilangan tanaman kedelai/ Rizka Nurlaili

Nurlaili, Rizka (2020) Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII berdasarkan penelitian analisis korelasi kanonik dari persilangan tanaman kedelai/ Rizka Nurlaili. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad 21 berada pada era knowledge age yang mengedepankan era pengetahuan. Salah satu kemampuan abad 21 yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MAN 1 Tukungagung 1 pada kelas XII MIA 4 terdapat 70% siswa masih memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Dibutuhkan bahan ajar yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Strategi yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan membuat bahan ajar berupa modul berbasis discovery learning. Peserta didik memerlukan inovasi pembelajaran yang bisa menggali kemampuannya dalam berpikir kritis. Modul dipilih karena peserta didik mudah untuk mengakses. Manfaat lain dari media pembelajaran adalah dapat membuat proses belajar peserta didik lebih menarik interaktif serta dapat diakses kapan saja dan di manapun. Discovery learning yang digunakan sebagai model pembelajaran pada penelitian ini memiliki kelebihan yakni mampu mengajak peserta didik untuk menemukan materi yang sedang dipelajari dan mencari hubungan dengan situasi nyata. Selian itu pembelajaran sains pada peserta didik harus meliputi pengalaman mengenai keterampilan proses mengukur mengamati menglasifiaksi serta memprediksi. Pengalaman tersebut bermanfaat untuk pemahaman konsep ilmiah pada peserta didik. Selain itu diharapkan peserta didik tidak akan lagi menjadi objek yang menerima proses pembelajaran saja namun terlibat secara nyata pada proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan Modul berbasis discovery learning berdasarkan penelitian analisis korelasi kanonik persilangan tanaman kedelai guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking) pada peserta didik kelas XII MAN 1 Tulungagung. Modul dikembangkan menggunakan model pegembangan ASIE yang terdiri atas 4 tahapan yaitu analisis strategi implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul memiliki skor N-gain 0 32 pada indikator focus dengan kategori sedang. Pada indikator supporting reason memiliki skor 0 77 dengan kategori tinggi. Pada indikator convention memiliki skor 0 54 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160825

Actions (login required)

View Item View Item