Pengembangan e-modul pembuatan bioetanol dari eceng gondok (eichhnornia crassipes l.) untuk meningkatkan literasi lingkungan dan hasil belajar pada mahasiswa S1 pendidikan biologi/ Eka Wahyudyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul pembuatan bioetanol dari eceng gondok (eichhnornia crassipes l.) untuk meningkatkan literasi lingkungan dan hasil belajar pada mahasiswa S1 pendidikan biologi/ Eka Wahyudyawati

Wahyudyawati, Eka (2020) Pengembangan e-modul pembuatan bioetanol dari eceng gondok (eichhnornia crassipes l.) untuk meningkatkan literasi lingkungan dan hasil belajar pada mahasiswa S1 pendidikan biologi/ Eka Wahyudyawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi secara progresif di masyarakat menuntut perguruan tinggi untuk dapat beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan dalam menghasilkan karya-karya yang kreatif inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat terutama dalam menghadapi tantangan pada Abad-21 dimana mahasiswa dihadapkan dengan persaingan lebih internasional multikultural dan saling berhubungan. Saat ini indikator keberhasilan lebih didasarkan pada kemampuan untuk berkomunikasi berbagi dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang kompleks dapat beradaptasi dan berinovasi dalam menanggapi tuntutan baru dan mengubah keadaan dasn memperluas kekuatan teknologi untuk menciptakan pengetahuan baru melalui literasi. Literasi lingkungan sejatinya turut menjadi literasi penting yang diangkat oleh P21 dan American Association of Colleges of Teacher Education (AACTE) sebagai bagian dari 21st century interdisciplinary themes.. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang didapatkan hasil yaitu 87% mahasiswa belum pernah diajarkan oleh dosen mengenai indikator literasi lingkungan dan 13% mahasiswa pernah diajarkan mengenai literasi lingkungan pada mata kuliah ekologi. Selain itu 67% mahasiswa menyatakan sumber belajar atau referensi yang digunakan berasal dari ceramah dosen dan dari internet 88% mahasiswa menyatakan pada matakuliah ini menunjukkan bahwa belum terdapat bahan ajar berbasis penelitian (bioetanol) yang digunakan sebagai acuan dalam kegiatan perkuliahan. 72% menyatakan diperlukan bahan ajar mandiri berbasis literasi lingkungan dalam bentuk elektronik dengan alasan udah dipelajari dimanapun dan lebih praktis. Analisis kebutuhan hasil belajar mahasiswa dilakukan dengan melakukan pre test menggunakan 3 soal uraian pemanfaatan Bioteknologi bagi kehidupan manusia hasil analisis kebutuhan ini menunjukkan rata rata nilai mahasiswa yaitu 78 5. E-modul dikembangkan dengan menggunakab model ADDIE kemudian e-modul diuji validitas oleh ahli media dan materi sedangkan keefektifan e-modul dilihat dari hasil implementasi yang dilakukan. Penelitian pembuatan Bioetanol dari Eceng gondok dilaksanakan di Laboratorium mikrobiologi Universitas Negeri Malang yang terdiri dari pre-treatment hidrolisis fermentasi dan destilasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil formula terbaik produksi bioetanol berbahan eceng gondok yaitu 5 75% pada perlakuan kecepatan 80 rpm suhu 35 dan lama waktu fermentasi 120 jam yang difermentasi menggunakan mesin shaker terintegrasi 18ntegra fuzzy-logic suhu dan kelembaban sedangkan hasil kadar bioetanol terendah adalah 1% pada suhu 25 kecepatan 40 rpm dan lama waktu fermentasi 24 jam. Pengembangan e-modul ini bermuatan literasi Lingkungan. Adapun aspek literasi lingkungan yaitu Pengetahuan ekologi Keterampilan kognitif sikap terhadap lingkungan dan perilaku terhadap lingkungan. Data hasil pre test dan post test mengenai kemampuan literasi lingkungan juga diujikan secara kuantitatif dengan menggunakan analisis N-Gain untuk memperoleh keefekifan modul terhadap keterampilan literasi Lingkungan mahasiswa. Hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata N-gain untuk kemampuan literasi lingkungan mahasiswa adalah 0 71. Nilai tersebut diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria keefektifan N-Gain sehingga diperoleh hasil bahwa modul yang diujikan memiliki kriteria keefektifan yang tinggi terhadap peningkatan kemampuan literasi lingkungan mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160824

Actions (login required)

View Item View Item