Mujahidin, Ahya (2020) Pengembangan media mobile learning berbasis project based learning materi struktur perkembangan tumbuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi mahasiswa/ Ahya Mujahidin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi termasuk keterampilan yang penting dimiliki oleh lulusan pendidikan pada abad ke-21. Kedua keterampilan ini berkaitan dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang menempatkan mahasiswa sarjana strata satu sebagai analis. Berdasarkan dan observasi pembelajaran pada Mata Keliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan S1 Pendidikan Biologi FMIPA UM keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi mahasiswa masih perlu dioptimalkan. Peningkatan kedua keterampilan ini dapat ditunjang dengan sumber daya yang diterapkan seperti media dan model pembelajaran. Media pembelajaran disesuaikan dengan modalitas belajar mahasiswa yang menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa membutuhkan media audiovisual seperti media Mobile Learning. Media ini bersifat suplemen terhadap media yang digunakan. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Project Based Learning untuk meningkatkan kedua keterampilan. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan media Mobile Learning berbasis Project Based Learning materi Struktur dan Perkembangan Tumbuhan serta mengetahui hasil uji kelayakan uji kepraktisan dan uji keefektifan dan (2) untuk mengetahui pengaruh media hasil pengembangan terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi mahasiswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Lee and Owens. Produk penelitian berupa media Mobile Learning. Kevalidan produk diuji oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Kepraktisan media dilihat berdasarkan respon mahasiswa dan dosen sebagai praktisi lapangan. Keefektifan media diuji melalui kuasi eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 100% hal ini berarti bahwa materi pembelajaran dalam produk penelitian memiliki kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media menunjukkan persentasi 95 7% hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan media menunjukkan persentase 87% yang berarti sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi yang signifikan antara kelas yang menggunakan Media Mobile Learning berbasis PjBL dengan kelas yang menggunakan model PjBL tanpa media Mobile Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |