Penerapan guided discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi luas permukaan dan volume bangun runag sisi datar siswa kelas VIII-D SMP Shalahuddin Malang / Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan guided discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi luas permukaan dan volume bangun runag sisi datar siswa kelas VIII-D SMP Shalahuddin Malang / Yuliana

Yuliana (2017) Penerapan guided discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi luas permukaan dan volume bangun runag sisi datar siswa kelas VIII-D SMP Shalahuddin Malang / Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliana. 2017. Penerapan Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII-D SMP Shalahuddin Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci guided discovery learning. pemahaman konsep Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas VIII-D SMP Shalahuddin Malang menunjukkan siswa kesulitan dalam memahami materi matematika terutama materi yang menggunakan rumus seperti geometri. Hasil tes pratindakan menunjukan persentase ketuntasan siswa kelas VIII-D dan jawaban siswa pada setiap soalnya menunjukkan indikator pemahaman konsep siswa masih rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya pemahaman konsep siswa kelas VIII-D adalah penerapan metode ceramah selama pembelajaran berlangsung. Pada penelitian ini peneliti memperbaiki cara mengajar untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan metode guided discovery learning pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan-tindakan yang digunakan pada tahap metode guided discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-D SMP Shalahuddin Malang yang berisi 38 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes akhir siklus hasil observasi kegiatan guru dan siswa serta hasil catatan lapangan. Pemahaman konsep siswa dikatakan meningkat jika setiap indikator pemahaman konsep telah dicapai oleh siswa. Pencapaian indikator pemahaman konsep dilihat dari hasil tes yang dianalisis setiap soalnya. Kriteria keberhasilan penelitian adalah hasil tes akhir menunjukkan minimal 80% siswa memperoleh nilai minimal KKM 75 persentase skor rata-rata setiap indikator pemahaman konsep siswa minimal 80% dan hasil observasi kegiatan guru dan siswa kriteria minimal baik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran guided discovery learning yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa VIII-D dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut yaitu 1) tahap observasi untuk menemukan masalah siswa diminta memahami menemukan dan menuliskan informasi dari permasalahan yang diberikan diberikan melalui lembar kegiatan siswa 2) tahap rumusan masalah siswa membuat pertanyaan berdasarkan informasi yang didapat dari permasalahan 3) tahap mengajukan hipotesis siswa diminta membuat dugaan jawaban dari pertanyaan yang dibuat hipotesis tersebut diuji kebenarannya melalui penemuan 4) tahap merencanakan pemecahan masalah siswa membaca dan memahami setiap rencana pemecahan yang dibuat oleh guru untuk proses penemuan 5) tahap melaksanakan eksperimen siswa melakukan percobaan sesuai rencana dan instruksi yang ada di lembar kegiatan siswa untuk memperoleh temuan atau data yang akan digunakan 6) tahap melakukan pengamatan dan pengumpulan data temuan yang diperoleh siswa dijadikan informasi penting untuk menjawab setiap pertanyaan yang ada untuk memperoleh data utama untuk dianalisis 7) tahap analisis data data-data utama akan dianalisis oleh siswa dengan bantuan instruksi dan bimbingan dari guru 8) tahap penarikan kesimpulan siswa membuat kesimpulan dari hasil analisis dan guru menuntun siswa untuk mengecek kesimpulan dengan hipotesis yang dibuat sebelumnya. Setiap tahap guided discovery learning dilakukan siswa secara berdiskusi kelompok. Instruksi scaffolding dan bimbingan yang diberikan guru harus jelas dimengerti siswa dan diberikan sesuai dengan kemampuan siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan metode guided discovery learning. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes akhir siklus pertama ke siklus kedua. Pada siklus pertama diperoleh rata-rata persentase ketuntasan 81 57 % dan terdapat dua dari lima indikator yang belum mencapai kriteria keberhasilan persentase rata-rata kegiatan guru adalah 90 42% dan persentase rata-rata kegiatan siswa adalah 91 29 %. Pada siklus kedua diperoleh rata-rata peresentase ketuntasan 84 21% dan lima indikator pemahaman konsep di penelitian ini telah mencapai kriteria keberhasilan serta persentase rata-rata kegiatan guru adalah 93 45% dan persentase rata-rata kegiatan siswa adalah 93 33 %. Hasil observasi kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran siklus pertama dan siklus kedua termasuk dalam kategori sangat baik . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Penguji II Penguji I Latifah Mustofa L. S.Si M.Pd Dra. Rini Nurhakiki M.Pd NIP 19850816 201012 2 005 NIP 19560320 198203 2 001 Penguji Utama Dr. Rustanto Rahardi M.Si NIP 19630502 199001 1 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item