Putri, Vindy Aprilia (2020) Pengembangan dan validasi socioscientific decision making questionnaire (SDMQ) untuk siswa SMA/ Vindy Aprilia Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengambilan keputusan terhadap isu sosiosains sangat penting dalam mencapai literasi ilmiah. Pendidikan isu sosiosains dapat meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karena isu tersebut sangat kompleks dan tidak memiliki solusi yang sederhana apalagi harus dibuktikan dengan bukti ilmiah dan norma sosial yang digunakan di masyarakat. Langkah awal dalam rangka peningkatan pengambilan keputusan siswa adalah menggali faktor yang menentukan pengambilan keputusan isu sosiosains secara instrinsik maupun ekstrinsik. Instrumen yang valid dan reliabel diperlukan untuk menggali faktor yang menentukan pengambilan keputusan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen berupa kuesioner pengambilan keputusan siswa SMA yang selanjutnya disebut Socioscientific Decision Making Questionnaire (SDMQ). Subjek penelitian ini adalah 505 siswa SMA/MA dari Kota Malang Kota Batu Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri. Tahap pertama penelitian ini adalah pengembangan item instrumen yang meliputi kajian pustaka pemilihan dan penentuan item kuesioner. Tahap kedua adalah validasi ahli. Tahap ketiga adalah pengujian skala kecil pada 95 siswa untuk mengeliminasi item kuesioner menggunakan uji Pearson Product Moment dilanjutkan dengan pengujian skala besar pada 505 siswa untuk menguji validasi konstruk dengan uji Explanatory Factor Analysis dan Confirmatory Factor Analysis. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan kuesioner layak digunakan. Berdasarkan hasil uji coba kuesioner dihasilkan 5 dimensi socioscientific decision making yaitu pengetahuan sains hakikat sains argumentasi karakter nilai pribadi serta metakognisi pengaturan diri. Sebanyak 27 item yang diterima memiliki nilai statistic goodness-of-fit X2/df 1.748 p 0.001 GFI 0.864 AGFI 0.838 RMSEA 0.054 TLI 0.854 dan CFI 0.867. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap dimensi maupun secara keseluruhan item kuesioner ini dapat diandalkan untuk digunakan dalam penelitian masa depan pada topik tersebut. Dimensi karakter dan nilai pribadi bersama metakognisi pengaturan diri memiliki sumbangan tertinggi sedangkan argumentasi memiliki sumbangan terendah. Implikasi dari penelitian ini adalah kuesioner yang telah dikembangkan dan divalidasi dapat digunakan oleh peneliti lain untuk menentukan faktor yang berkontribusi terhadap kemampuan pengambilan keputusan terhadap isu sosiosains siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160817 |
Actions (login required)
View Item |