Pengembangan modul pencemaran sampah dengan model argument-driven inquiry (ADI) dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis, kesadaran lingkungan, dan perilaku lingkungan mahasiswa biologi/ Eka Imbia Agus Diartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pencemaran sampah dengan model argument-driven inquiry (ADI) dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis, kesadaran lingkungan, dan perilaku lingkungan mahasiswa biologi/ Eka Imbia Agus Diartika

Diartika, Eka Imbia Agus (2020) Pengembangan modul pencemaran sampah dengan model argument-driven inquiry (ADI) dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis, kesadaran lingkungan, dan perilaku lingkungan mahasiswa biologi/ Eka Imbia Agus Diartika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu keterampilan yang penting untuk dikembangkan pada abad ke-21 ialah berpikir kritis. Keterampilan ini menentukan daya saing seseorang pada abad ke-21. Selain itu pendidikan abad ke-21 juga bertujuan untuk memantapkan pembangunan secara menyeluruh. Pembelajaran tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan namun juga menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap lingkungan sekitar melalui pemberdayaan kesadaran lingkungan dan perilaku lingkungan di lembaga pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa biologi yang yang telah menempuh matakuliah Dasar Ilmu Lingkungan pada 29 Juni 2019 didapatkan hasil bahwa keterampilan berpikir kritis kesadaran lingkungan dan perilaku lingkungan masih belum dikembangkan secara maksimal dalam pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkan modul pencemaran sampah dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) yang diharapkan dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis kesadaran lingkungan dan perilaku lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun menguji kevalidan menguji kepraktisan modul pencemaran sampah dengan model ADI berbasis penelitian di TPA Supit Urang Malang serta menguji keefektifan modul terhadap keterampilan berpikir kritis kesadaran lingkungan dan perilaku lingkungan mahasiswa biologi. Model pengembangan produk yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi lapangan. Modul diterapkan dalam proses pembelajaran menggunakan penelitian quasi-experimental dengan desain nonrandomized control-group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada 3 kelas mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang yang menempuh matakuliah Dasar Ilmu Lingkungan selama Bulan April-Mei 2020. Pembelajaran dilaksanakan secara daring sebanyak 3 kali pertemuan yaitu kegiatan pembelajaran 1 tentang konsep sampah kegiatan pembelajaran 2 tentang dampak pencemaran sampah dan kegiatan pembelajaran 3 tentang pemecahan permasalahan lingkungan akibat sampah. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan modul ADI (20 mahasiswa) kelas kontrol positif dibelajarkan menggunakan model ADI (25 mahasiswa) serta kelas kontrol negatif dibelajarkan dengan PowerPoint (22 mahasiswa). Sebelum pembelajaran mahasiswa diberikan soal pretest berpikir kritis kesadaran lingkungan dan perilaku lingkungan. Setelah proses pembelajaran mahasiswa diberikan angket respons pengguna dan posttest berpikir kritis kesadaran lingkungan dan perilaku lingkungan. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif (meliputi skor validasi modul oleh validator skor angket respons mahasiswa skor pretest-posttest) dan data kualitatif (yaitu komentar dan saran yang diberikan oleh validator dan mahasiswa). Data skor validasi modul dan skor respons mahasiswa dianalisis dengan teknik analisis persentase. Data skor pretest-posttest berpikir kritis kesadaran lingkungan dan perilaku lingkungan mahasiswa dianalisis dengan menggunakan Ancova. Persentase kevalidan modul menurut validator ahli bahan ajar sebesar 93 26% dengan kategori sangat valid ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan praktisi lapangan sebesar 95 12% dengan kategori sangat praktis. Persentase kepraktisan modul sesuai angket respons mahasiswa sebesar 80 53% dengan kategori sangat praktis. Modul pencemaran sampah dengan model ADI efektif dalam meningkatkan berpikir kritis mahasiswa biologi. Hasil uji keefektifan ini terbukti dengan hasil uji Ancova berpikir kritis mahasiswa biologi menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0 036 sehingga terdapat perbedaan berpikir kritis antara mahasiswa yang menggunakan modul ADI model ADI dan PowerPoint. Pembelajaran yang paling unggul untuk memberdayakan berpikir kritis yaitu pembelajaran yang menggunakan modul ADI. Modul pencemaran sampah dengan model ADI tidak efektif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan mahasiswa biologi. Hasil uji Ancova kesadaran lingkungan mahasiswa biologi menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0 930 sehingga tidak terdapat perbedaan kesadaran lingkungan antara mahasiswa yang menggunakan modul ADI model ADI dan PowerPoint. Modul ADI juga tidak efektif dalam meningkatkan perilaku lingkungan mahasiswa biologi. Hasil uji Ancova perilaku lingkungan mahasiswa biologi menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0 528 sehingga tidak terdapat perbedaan kesadaran lingkungan antara mahasiswa yang menggunakan modul ADI model ADI dan PowerPoint.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160815

Actions (login required)

View Item View Item