Pengembangan e-module sistem sirkulasi berbasis problem-based learning (pbl) berdasarkan hasil penelitian untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Nurul Ahillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module sistem sirkulasi berbasis problem-based learning (pbl) berdasarkan hasil penelitian untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Nurul Ahillah

Ahillah, Nurul Ahillah (2021) Pengembangan e-module sistem sirkulasi berbasis problem-based learning (pbl) berdasarkan hasil penelitian untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Nurul Ahillah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualifikasi profil S1 Pendidikan Biologi UM serta CPMK Anatomi dan Fisiologi Manusia menyatakan bahwa mahasiswa diharapkan mampu merumuskan menganalisis dan memecahkan masalah sesuai dengan capaian keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang diperlukan sebagai modal dasar untuk memecahkan masalah. Keterampilan berpikir kritis tidak dapat dipisahkan dari hasil belajar kognitif yang merupakan penguasaan mahasiswa terhadap konsep yang dipelajari. Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang rendah dapat disebabkan oleh mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar salah satunya karena kurang tersedianya bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh mahasiswa dan dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-module berdasarkan hasil penelitian analisis in silico senyawa organosulfur bawang putih tunggal sebagai antihipertensi yang valid praktis dan efektif dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Model pengembangan yang diadaptasi adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu menganalisis merancang mengembangkan menerapkan dan mengevaluasi. Tahap analisis bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang menyebabkan kesenjangan dalam proses pembelajaran. Masalah yang diteliti ditentukan dengan observasi pada matakuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia pengisian angket dan pengerjaan tes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif oleh mahasiswa. Tahap desain dilakukan untuk memverifikasi desain produk yang diharapkan dan merumuskan metode pengujian yang sesuai. Tahap mengembangkan bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi e-module yang dikembangkan dan tahap implementasi dilakukan dengan menerapkan e-module sistem sirkulasi berbasis PBL berdasarkan hasil penelitian yang dikembangkan. Tahap evaluasi bertujuan untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan dengan menganalisis data validitas kepraktisan dan keefektifan e-module yang telah diperoleh. Data penelitian dalam pengembangan e-module meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari saran pendapat dan komentar untuk perbaikan dari validator dan mahasiswa sedangkan data kuantitatif berupa skor angket penilaian validator skor angket kepraktisan hasil perhitungan gain score dan hasil uji statistik. Instrumen dalam pengumpulan data penelitian meliputi angket analisis kebutuhan instrumen validasi ahli angket kepraktisan lembar observasi keterlaksanaan sintaks dan soal pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan tingkat hasil belajar kognitif. Analisis data penelitian terdiri dari deskriptif-kualitatif kuantitatif dan uji beda parametrik. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan mengelompokkan informasi berupa saran pendapat dan komentar perbaikan dari validator dan mahasiswa. Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif diberikan skor berdasarkan setiap rubrik penilaian dan dihitung total skor yang diperoleh. Data kemudian diuji normalitasnya menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan homogenitasnya menggunakan uji Levine. Analisis kovarians (ANCOVA) dilakukan apabila data terdistribusi normal dan homogen. Apabila data tidak terdistribusi normal atau tidak homogen maka dilakukan uji non-parametrik analisis peringkat Quade dari kovarians (Quade rsquo s rank analysis of covariance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module sangat valid berdasarkan hasil penilaian ahli bahan ajar (89 17%) ahli materi (100%) dan praktisi lapangan (96 43%) dan sangat praktis berdasarkan hasil uji kepraktisan pada kelompok kecil (97 21%) hasil angket respons mahasiswa setelah menggunakan e-module (92 70%) dan hasil observasi keterlaksanaan sintaks PBL (100%). Hasil analisis ANCOVA menunjukkan adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang signifikan antara mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (p-value lt 0 05). Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah e-module yang dikembangkan dapat memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Produk dari penelitian ini berupa e-module direkomendasikan untuk proses pembelajaran yang memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa serta dapat digunakan oleh peneliti lain untuk mengembangkan e-module untuk memberdayakan keterampilan abad 21 yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160813

Actions (login required)

View Item View Item