Indonesia / Ena Milada Tri Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Indonesia / Ena Milada Tri Handayani

Handayani, Ena Milada Tri Handayani (2021) Indonesia / Ena Milada Tri Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada materi biologi sistem respirasi dan sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh Discovery Learning berbasis Google Classroom terhadap tiga variabel yaitu literasi informasi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan materi sistem respirasi dan sistem ekskresi secara daring. Rancangan penelitian yaitu quasi experiment dengan dua kelas yaitu XI MIPA 3 dan XI MIPA 5. Kelas XI MIPA 3 sebagai kontrol dibelajarkan dengan zoom dan google classroom sedangkan XI MIPA 5 merupakan kelas eksperimen dibelajarkan dengan Discovery Learning berbasis Google Classroom. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan pos-test pada ketiga variabel. Literasi informasi diukur menggunakan rubrik dari AACU keterampilan berpikir kritis menggunakan rubrik dari Greenstein sedangkan hasil belajar kognitif disesuaikan dengan Taksonomi Bloom. Hasil yang diperoleh di analisis menggunakan uji homogenitas uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Discovery Learning berbasis Google Classroom terhadap literasi informasi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi SMA. Hasil tersebut terlihat dari adanya peningkatan literasi informasi pada kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan discovery learning berbasis Google Classroom sebesar 82 91% dan pada kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) yaitu sebesar 33 11%. Peningkatan juga terlihat pada variabel keterampilan berpikir kritis sebesar 57 89% pada kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 78 89%. Pengaruh tersebut juga terlihat hasil belajar kognitif biologi. Peningkatan hasil belajar kognitif yang terjadi pada kelas kontrol sebesar 30 20% sedangkan pada kelas eksperimen yang menggunakan Discovery Learning berbasis Google Classroom peningkatan reratanya sebesar 92 52%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Discovery Learning berbasis Google Classroom memiliki pengaruh dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi sistem respirasi dan sistem ekskresi di penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160811

Actions (login required)

View Item View Item