Pengembangan modul berbasis guided inquiry untuk meningkatkan literasi lingkungan dan keterampilan argumentasi siswa SMA/ Fildatul Amiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis guided inquiry untuk meningkatkan literasi lingkungan dan keterampilan argumentasi siswa SMA/ Fildatul Amiroh

Amiroh, Fildatul (2020) Pengembangan modul berbasis guided inquiry untuk meningkatkan literasi lingkungan dan keterampilan argumentasi siswa SMA/ Fildatul Amiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amiroh F. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Keterampilan Aargumentasi Siswa SMA. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S. (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi. M.Si. Kata kunci Keterampilan argumentasi literasi lingkungan modul. Permasalahan lingkungan merupakan isu yang diperbincangkan secara globa khususnya Indonesia. Beberapa isu nasional tentang lingkungan yang kerap diperbincangkan di antaranya ialah kebakaran hutan pencemaran minyak lepas pantai banjir kerusakan hutan akibat manusia tumpukan sampah dan limbah yang rumit ditangani dan lain-lain. Awalnya orang menduga bahwa penyebab utama dari permasalahan lingkungan adalah akitivitas alam namun belakangan orang mulai menyadari bahwa perilaku manusia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap lingkungan sehingga pendidikan literasi lingkungan penting untuk keberlanjuta nlingkungan di masa depan. Literasi lingkungan merupakan kemampuan individu untuk mengenal dan menafsirkan keadaan ideal terhadap lingkungan serta kemampuan individu dalam mengambil tindakan yang sesuai untuk memelihara memulihkan dan meningkatkan kualitas lingkungan. Selain literasi lingkungan siswa butuh meningkatkan keterampilan argumentasi untuk dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap lingkungan keterampilan argumentasi merupakan kemampuan seseorang untuk membuat sebuah pernyataan yang berdasarkan pada penyelidikan dan dapat mempertahankannya dengan data dan fakta serta dapat mempengaruhi orang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan dan menguji kevalidan kepraktisan serta keefektifan modul berbasis guided inquiry pada materi lingkungan hidup dan kelestariannya untuk meningkatkan literasi lingkungan dan keterampilan argumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Waru Kabupaten Pamekasan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 59 siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan meliputi seluruh tahapannya. Pengambilan data dilakukan melalui lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media lembar angket respon siswa serta soal pretest-posttest tes literasi lingkungan keterampilan argumentasi kemudian data dianalisis meliputi analisis validasi kepraktisan dan keefektifan produk yang dikembangkan. Analisis keefektifan menggunakan uji anakova satu jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) produk yang dikembangkan valid dan praktis (2) terdapat perbedaan signifikan literasi lingkungan dan keterampilan argumentasi antara siswa yang diajarkan menggunakan modul berbasis guided inquiry dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran guided inquiry tanpa menggunakan modul.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160810

Actions (login required)

View Item View Item