Pengaruh model pembelajaran ideal problem solving berbantuan big data untuk meningkatkankemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar mahasiswa s1 bioteknologi pada materi spektrometri massa / Irmayanti Muis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ideal problem solving berbantuan big data untuk meningkatkankemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar mahasiswa s1 bioteknologi pada materi spektrometri massa / Irmayanti Muis

Muis, Irmayanti Muis (0000) Pengaruh model pembelajaran ideal problem solving berbantuan big data untuk meningkatkankemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar mahasiswa s1 bioteknologi pada materi spektrometri massa / Irmayanti Muis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan data yang sangat besar dan tidak dapat diprediksi semuanya tersimpan dalam bentuk digital dan disimpan dalam repositori data besar yang dibentuk oleh para ilmuwan terutama dari kimia analitik modern. Kimia analitik modern mempelajari dan menggunakan instrumen untuk menganalisis senyawa kimia hingga analisis struktural. Instrumen modern seperti spektrometri massa menghasilkan informasi senyawa dan disimpan dalam big data. Ini harus dapat diakses dan digunakan dalam pendidikan kimia. Penelitian ini membahas tentang manfaat penggunaan Big Data selama proses pembelajaran di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk membangun pendekatan baru dalam pendidikan kimia dengan memanfaatkan sumber Big Data untuk mendukung IDEAL (I-Identify problem D-Define goal E-Explore the Possible Strategies A-act on the Strategies L-Look back and learn)-Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan satu kelas dengan desain one-group pre-test post-test. Pengambilan sampel dengan purposive sampling berdasarkan pertimbangan materi kuliah kesesuaian jam mengajar dan batasan kelas sehingga dipilih kelas Bioteknologi-G dengan jumlah mahasiswa 19 orang. Data dikumpulkan dengan tes tertulis. Soal tes kemampuan pemecahan masalah ada 5 soal yang valid dengan reliabilitas 0 5484 dan soal hasil belajar semuanya valid dengan reliabilitas 0 7992. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar mahasiswa pada materi spektrometri massa sebelum dibelajarkan menggunakan model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbantuan Big Data dan setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran IDEAL Problem Solving berbantuan Big Data dengan nilai N-Gain berturut-turut yakni 0 5000 dan 0 5322 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160809

Actions (login required)

View Item View Item