Membangun keterampilan higher order thinking skills (hots) melalui instructional interactive serta korelasinya dengan adveristy quotient dan minat belajar / Rafika Fauzia Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Membangun keterampilan higher order thinking skills (hots) melalui instructional interactive serta korelasinya dengan adveristy quotient dan minat belajar / Rafika Fauzia Ulfa

Ulfa, Rafika Fauzia Ulfa (2021) Membangun keterampilan higher order thinking skills (hots) melalui instructional interactive serta korelasinya dengan adveristy quotient dan minat belajar / Rafika Fauzia Ulfa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era revolusi industri menuntut adanya implementasi pembelajaran yang dapat mendorong kreativitas dan inovasi siswa yang tercermin dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). Salah satu cara untuk dapat meningkatkan HOTS siswa adalah dengan menyelenggarakan strategi pembelajaran instructional interactive. Sintax pembelajaran instructional interactive dalam penelitian ini dikembangkan oleh Habiddin dalam kelas Kimia Dasar 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah instructional interactive dapat meningkatkan HOTS adversity quotient dan minat belajar siswa. Selain itu adakah korelasi antar variabel HOTS dengan adversity quotient HOTS dengan minat belajar siswa serta korelasi gabungan adversity quotient dan minat belajar terhadap HOTS siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa kelas XI SMAN 8 Malang yang terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran instructional interactive sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran ceramah biasa dengan materi yang sama yakni buffer/penyangga. Data prestasi siswa setelah treatment dianalisis dengan teknik analisis varians (ANOVA) kemudian dilanjutkan dengan uji t. Data observasi yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan HOTS pada siswa yang diberikan pembelajaran instructional interactive sebesar 33 58% sedangkan siswa yang diberikan ceramah biasa hanya sebesar 3 79%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan nilai HOTS pembelajaran instructional interactive lebih tinggi dibandingkan peningkatan nilai HOTS pada pembelajaran ceramah biasa. Instructional interactive dapat meningkatkan adversity quotient siswa sebagaimana ditunjukkan oleh rata-rata skor setelah treatmentnya yaitu 74 69 dibandingkan dengan dengan ceramah biasa yang hanya sebesar 64 19. Instructional interactive dapat meningkatkan minat belajar siswa sebagaimana ditunjukkan oleh rata-rata skor setelah treatmentnya yaitu 68 69. Namun jika dibandingkan dengan skor rata-rata setelah treatment pada pembelajaran ceramah biasa yaitu 62 84 maka tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Nilai HOTS dan skor adversity quotient siswa memiliki korelasi positif. Semakin meningkatnya nilai HOTS siswa akan diikuti oleh meningkatnya skor adversity quotient. Skor minat belajar dan skor adversity quotient siswa memiliki koreasi positif. Semakin meningkatnya minat belajar akan diikuti oleh meningkatnya adversity quotient siswa. Adversity quotient dan minat belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan HOTS siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran instructional interactive dapat meningkatkan HOTS dan adversity quotient siswa namun perlu dilakukan integrasi dengan model pembelajaran lain agar diperoleh hasil yang optimum. Pada penelitian ini strategi instructional interactive kurang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh pemberlakuan pembelajaran online yang dilakukan saat pandemi covid-19. Jaringan internet dan fasilitas masing-masing siswa tidaklah sama sehingga dapat menyebabkan minat siswa menurun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160808

Actions (login required)

View Item View Item