Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) sitem persamaan linear tiga variabel berbasis pemecahan masalah model Polya untuk kelas X SMA/MA / Robiatul Awaliah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) sitem persamaan linear tiga variabel berbasis pemecahan masalah model Polya untuk kelas X SMA/MA / Robiatul Awaliah

Awaliah, Robiatul (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) sitem persamaan linear tiga variabel berbasis pemecahan masalah model Polya untuk kelas X SMA/MA / Robiatul Awaliah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Awaliyah Robiatul. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Pemecahan Masalah Model Polya untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Slamet M.Si. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Pemecahan Masalah Model Polya. Pembelajaran dalam bentuk lembar kerja siswa (LKS) yang tidak konstruktivis ditemukan dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil observasi menunjukkan bahwa LKS tersebut pada umumnya hanya berisi ringkasan materi dan latihan soal. Pada LKS tersebut sudah terdapat permasalahan matematika yang dilengkapi dengan setiap langkah cara penyelesaiannya. Pembelajaran dengan menggunakan LKS tersebut tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mengonstruksi pengetahuannya. Sehingga perlu dilakukan pengembangan LKS. Salah satu cara untuk mengembangkan LKS adalah berbasis pemecahan masalah. Pengembangan LKS berbasis pemecahan masalah akan membuat siswa termotivasi untuk belajar (Hudoyo 1983 6) sekaligus membuat siswa akan cenderung lebih aktif dalam pembelajaran (Pariska 2012 76). Salah satu model pemecahan masalah adalah model Polya. Selain itu pengalaman peneliti selama ini juga terdapat masalah yaitu siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami soal SPLTV dan ketika memodelkan masalah ke dalam bentuk matematika padahal materi SPLTV menjadi salah satu materi yang selalu diujikan di Ujian Nasional dan menjadi prasyarat untuk pembelajaran matematika di kelas XI dan XII. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan lembar kerja siswa (LKS) sistem persamaan linear tiga variabel berbasis Pemecahan Masalah Model Polya untuk Kelas X SMA/MA yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan LKS ini adalah hasil modifikasi dari model pengembangan Plomp (Hobri 2010 17) terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Pada penelitian ini akan diadakan uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yakni satu orang dosen matematika dan satu orang praktisi. Hasil uji kevalidan didapatkan dari rata-rata skor dari dua validator. Setelah LKS dinyatakan valid maka LKS diujicobakan pada 16 siswa MA Hidayatul Mubtadi in kelas X IPA yang menempuh materi sistem persamaan linear tiga variabel sebagai subjek uji coba. Hasil uji kepraktisan didapat dari rata-rata skor dari dua instrumen yakni lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta dari hasil angket respon siswa. Hasil uji keefektifan didapat dari presentase siswa yang memiliki kualifikasi tuntas berdasarkan rata-rata nilai kuis siswa yaitu lebih dari atau sama dengan 77. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan skor hasil uji kevalidan yaitu 3 19. Sedangkan skor hasil uji kepraktisan LKS yaitu 3 25 dengan respon positif dari hasil angket respon siswa. Presentase siswa yang memperoleh nilai rata-rata lebih dari atau sama 77 adalah 81 25%. Hal ini berarti hasil uji keeefektifan menyatakan 81 25% siswa memenuhi kualifikasi tuntas. Berdasarkan analisis data tersebut berarti LKS telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item