Analisis berpikir kreatif siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah open-ended / Faizah Nicmatul Syakurroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis berpikir kreatif siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah open-ended / Faizah Nicmatul Syakurroh

Syakurroh, Faizah Nicmatul (2017) Analisis berpikir kreatif siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah open-ended / Faizah Nicmatul Syakurroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syakurroh Faizah Nicmatul. 2017. Analisis Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Open-ended. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Subanji M.Si. Kata Kunci Berpikir Kreatif Pemecahan Masalah Masalah Open-ended. Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat diketahui dari proses pemecahan masalah yang dilakukan. Proses pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses pemecahan masalah oleh Polya yaitu memahami masalah merencanakan penyelesaian masalah melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali. Masalah yang diberikan merupakan masalah yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplor dan mengembangkan kemampuan berpikir. Masalah tersebut adalah masalah open-ended dimana masalah tersebut mempunyai banyak cara penyelesaian untuk menghasilkan jawaban yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended pada materi bangun datar. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VII SMP PGRI 3 Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Data awal diperoleh berdasarkan pengamatan hasil Praktik Pengajar Lapangan (PPL) dan wawancara untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan kondisi sekolah yang ada di pedesaan. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended pada materi bangun datar. Dalam penelitian ini dipilih 3 siswa sebagai subjek penelitian. 1 siswa mewakili berpikir kreatif 1 siswa mewakili cukup kreatif dan 1 siswa mewakili kurang kreatif. Adapun pemilihan subjek penelitian ini didasarkan hasil pemecahan masalah open-ended. Analisis kemampuan berpikir kreatif mengacu pada 4 aspek berpikir kreatif yaitu fluency flexibility originality dan elaboration. Dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil bahwa pada siswa kreatif mampu menguasai 4 aspek berpikir kreatif. Pada siswa cukup kreatif menguasai 3 aspek berpikir kreatif. Pada siswa kurang kreatif menguasai 2 aspek berpikir kreatif. Dari hasil penelitian tersebut yang dominan muncul adalah 3 aspek berpikir kreatif yaitu fluency originality dan elaboration. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa dalam tingkat kreativitas kelas ini mampu mengerjakan dengan banyak jawaban yang baru dan lancar dalam memberikan penjelasan jawabannya. Siswa yang berada pada kategori kurang kreatif masih belum dikatakan mampu menguasai kelancaran secara utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16077

Actions (login required)

View Item View Item