Pengembangan media pembelajaran berbentuk pop-up pada materi operasi perkalian dua matriks untuk kelas XI IPS 3 SMAN 1 Gondanglegi / Dhedhen Dwi Puji Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbentuk pop-up pada materi operasi perkalian dua matriks untuk kelas XI IPS 3 SMAN 1 Gondanglegi / Dhedhen Dwi Puji Irawan

Irawan, Dheden Dwi Puji (2017) Pengembangan media pembelajaran berbentuk pop-up pada materi operasi perkalian dua matriks untuk kelas XI IPS 3 SMAN 1 Gondanglegi / Dhedhen Dwi Puji Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawan D.D.P. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Pop-Up pada Materi Operasi Perkalian Dua Matriks untuk Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Gondanglegi. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sudirman M.Si. Kata Kunci matematika matriks media pembelajaran pop-up. Persoalan-persoalan dalam kehidupan sehari-hari dapat diuraikan dalam model matematika sehingga penyelesaiannya lebih cepat dan sederhana. Pembelajaran secara tidak langsung salah satunya dengan menggunakan berbagai media. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi. Pop-up adalah sebuah kartu atau buku yang ketika dibuka bisa menampilkan bentuk tiga dimensi atau timbul. Pada studi pendahuluan guru melaksanakan pembelajaran matematika dengan cara menerangkan materi kemudian memberi lembar tugas berupa latihan soal. Dalam hal ini siswa hanya bisa melihat mendengar menulis dan menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Setelah dilakukan wawancara terhadap beberapa siswa siswa merasa jenuh dengan lembar kertas yang sering diberikan oleh guru sehingga membuatnya kurang semangat dalam belajarnya. Berdasarkan permasalahan yang ada penelitian ini bertujuan antara lain 1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk pop-up pada materi operasi perkalian dua matriks untuk kelas XI IPS 3 SMAN 1 Gondanglegi 2) mengetahui tingkat validitas media pop-up yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model menurut Borg dan Gall. Pada tahap development melibatkan dosen guru dan siswa untuk menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Dosen sebagai ahli materi dan media guru sebagai ahli media dan siswa sebagai sasaran pengguna produk. Pada tahap implementation dilakukan di salah satu kelas di SMAN 1 Gondanglegi yang berjumlah 20 siswa yang terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan analisis data hasil validasi dan uji coba lapangan produk media pop-up ini dikategorikan layak dan dapat diterima oleh siswa. Data menunjukkan tingkat kevalidan produk sebesar 4 23 (valid) kepraktisan produk sebesar 4 265 (tinggi) dan tingkat keefektifan produk sebesar 85% (efektif). Malang Agustus 2017 Penguji IIPenguji I Syaiful Hamzah Nasution S.Si. M.Pd. Dr. Sudirman M.Si. NIP. 19841123 201212 1 001NIP. 19650322 199001 1 001 Penguji Utama Dr. Abd. Qohar M.T NIP. 19680321 200312 1 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16074

Actions (login required)

View Item View Item