Analisis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan tahapan Newman pada siswa SMAN 1 Geger Madiun / Triantin Setiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan tahapan Newman pada siswa SMAN 1 Geger Madiun / Triantin Setiana

Setiana, Triantin (2017) Analisis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan tahapan Newman pada siswa SMAN 1 Geger Madiun / Triantin Setiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiana Triantin. 2017. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Pada Siswa SMAN 1 Geger Madiun. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abadyo M.Si. Kata Kunci Analisis Kesalahan Permasalahan Matematika Soal Cerita Tahapan Newman Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran adalah siswa mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Pemecahan masalah dalam matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dapat disajikan dalam bentuk soal cerita. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru di SMAN 1 Geger Madiun diperoleh informasi bahwa para siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita sehingga mereka membuat kesalahan dalam menyelesaikan soal itu. Dengan mengetahui letak dan penyebab kesalahan akan membantu guru dalam mengatasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan penelitian mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Geger Madiun dengan memberikan tes yang terdiri dari tiga soal cerita mengenai Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Siswa yang mengerjakan ketiga soal tes dengan lengkap dan melakukan kesalahan dalam pengerjaannya dijadikan subyek penelitian. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan subyek penelitian akan dianalisis berdasarkan tahapan Newman dan dilakukan wawancara. Tahapan Newman ini terdapat 5 tahapan yaitu (1) membaca (reading) (2) memahami (comprehension) (3) transformasi (transformation) (4) keterampilan proses (process skill) dan (5) penulisan jawaban akhir (encoding). Hasil analisis data memberikan simpulan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel terletak pada (1) membaca (reading) yaitu kesulitan dalam mengetahui kata kunci dari soal (2) memahami (comprehension) yaitu kurang tepat dalam menulis apa yang diketahui dan tidak menuliskan apa yang ditanyakan (3) transformasi (transformation) yaitu tidak bisa menunjukkan makna variabel yang digunakan dan tidak bisa mengubah ke dalam kalimat matematika (4) keterampilan proses (process skill) yaitu salah dalam melakukan proses perhitungan dan pemilihan operasi hitung yang tidak sesuai (5) penulisan jawaban akhir (encoding) yaitu salah dalam menuliskan kembali jawaban akhir dan tidak menuliskan jawaban akhir. Adapun faktor penyebab kesalahan itu adalah siswa kurang teliti kurang dapat menangkap informasi yang diketahui dalam soal lupa kurang latihan mengerjakan soal-soal bentuk cerita yang bervariasi.ii ABSTRACT Setiana Triantin. 2017. Students Error Analysis in Solving Math Problems Based On Newman s Stage at SMAN 1 Geger Madiun Thesis Department of Mathematics Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Supervisor Dr. Abadyo M.Si. Keywords Error Analysis Math Problems Word Problem Analysis of Newman One indicator of student achievement of learning goals is able to solve problems in everyday life. Solving in mathematics related to everyday life can be presented in the form of word problems. Based on observations and interviews with one of the teachers at SMAN 1 Geger Madiun obtained information that the students have difficulty in working on the story so that they made a mistake in solving it. By knowing the location and cause of errors will assist teachers in addressing and improving students ability to solve problems. In this regard it is necessary to research on students mistakes in solving math problems. This study used a qualitative approach and the type of research is descriptive. This research was conducted in SMA Negeri 1 Geger Madiun to give a test word problem about Systems of Linear Equation In Three Variable. Student working on a test item to complete and make mistakes in the process be the subject of research. The errors do research subjects will be analyzed based on the stage Newman and interviews. Stages Newman there are five stages namely (1) read (reading) (2) understanding (comprehension) (3) transformation (transformation) (4) the skill process (process skill) and (5) the writing of the final answer ( encoding). The results of data analysis gives conclusion that the students mistakes in completing the story about Systems of Linear Equation In Three Variable lies in (1) read (reading) the difficulty in knowing the key words of the question (2) understanding (comprehension) that is less appropriate to write what they know and do not write down what was asked (3) transformation (transformation) is not able to show the meaning of the variables used and can not change into a mathematical sentence (4) skill process (process skill) that is wrong in the process of calculating and electoral arithmetic operations that do not fit (5) the writing of the final answer (encoding) that is wrong in rewriting the final answer and did not write the final answer. Whereas the causes of errors that is students are less conscientious less able to capture information that is known in the matter forgetfulness lack of exercise do the questions varied word problem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item