Proses berpikir konektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Muhamad Nor - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir konektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Muhamad Nor

Nor, Muhamad (2017) Proses berpikir konektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika / Muhamad Nor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nor Muhamad. 2017. Proses Berpikir Konektif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sudirman M.Si. Kata Kunci pemecahan masalah berpikir konektif koneksi matematis Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang perlu dicapai dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan pengamatan terhadap 3 orang siswa MAN 1 Kota Malang dan penelitian awal yang dilakukan pada 11 Januari 2017 diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Menurut Sujiati (2011) ketika menghadapi masalah matematika siswa kesulitan menggunakan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya. Dengan kata lain siswa kesulitan dalam membangun koneksi matematis dari konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya. Proses berpikir konektif adalah proses berpikir dalam membuat koneksi matematis antar konsep-konsep yang telah dimiliki/dipelajari sebelumnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Selanjutnya akan dikaji proses berpikir konektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terkait konsep fungsi dengan berfokus pada tiga indikator berpikir konektif yaitu (1) Mengenal hubungan antara ide-ide matematis (2) Menggunakan hubungan antara ide-ide matematis (3) Memahami ide-ide matematis yang saling terhubung dan membangun satu sama lain untuk membentuk keseluruhan yang koheren. Penelitian difokuskan untuk melihat bagaimana proses berpikir konektif siswa dalam meyelesaikan masalah terkait koneksi antar konsep matematika koneksi matematika dengan kehidupan sehari-hari dan koneksi matematika dengan disiplin ilmu lain (ekonomi) pada materi fungsi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan proses berpikir konektif siswa dalam menyelesaikan masalah bersifat unik untuk setiap kelompok karakteristik siswa. Siswa dengan kemampuan matematis tinggi dan sedang telah memenuhi ketiga indikator berpikir konektif dalam menyelesaikan masalah terkait koneksi antar konsep matematika. Siswa dengan kemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan masalah koneksi antar konsep matematika hanya memenuhi indikator mengenal hubungan antara ide-ide matematis. Untuk masalah koneksi antara matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa hanya dapat memenuhi indikator mengenal dan menggunakan hubungan antara ide-ide matematis. Sedangkan untuk masalah koneksi antara matematika dengan disiplin ilmu lain hanya S_4 yang merupakan sisa kedua dengan kemampuan matemais sedang yang dapat memenuhi ketiga indikator berpikir konektif. Dengan dasar temuan pada penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru pada umumnya untuk memahami proses berpikir konektif siswa dalam pemecahan masalah sehingga dapat memberikan bantuan yang diperlukan siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemecahan masalah. Kajian proses berpikir konektif siswa dalam penelitian ini masih terbatas untuk itu perlu adanya penelitian dengan kajian yang lebih mendalam dengan masalah yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16064

Actions (login required)

View Item View Item