Model pembelajaran make a match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MA Al Maarif Singosari pada materi fungsi komposisi / Wuwuh Tri Asriningasmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran make a match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MA Al Maarif Singosari pada materi fungsi komposisi / Wuwuh Tri Asriningasmi

Asriningasmi, Wuwuh Tri (2017) Model pembelajaran make a match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MA Al Maarif Singosari pada materi fungsi komposisi / Wuwuh Tri Asriningasmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asriningasmi Wuwuh Tri. 2017. Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MA Al Maarif Singosari pada Materi Fungsi Komposisi. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Abdur Rahman As ari Dr. M.Pd M.A. H. Kata Kunci Model pembelajaran make a match Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi merupakan dorongan semangat dan kekuatan dalam diri seseorang maupun dari luar diri seseorang untuk melakukan tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Apabila menginginkan siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi maka perlu diperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa yaitu attention (perhatian) relevance (relevansi) confidence (percaya diri) satisfaction (kepuasan). Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran yang dikembangkan oleh Lorna Curran. Model pembelajaran make a match merupakan suatu prosedur sistematis yang meminta siswa untuk selalu bekerja sama dan bertanggunjawab antara siswa lain dalam menemukan pasangan kartu yang telah dipegangnya. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa maka peneliti menerapkan model pembelajaran make a match yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa MA Al Maarif Singosari pada materi fungsi komposisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang bersifat refleksi dengan menggunakan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas lebih profesional. Model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu planning (perencanaan) acting (tindakan) observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket hasil wawancara lembar keterlaksanaan pembelajaran dan video. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah berikut yaitu penyampaian materi persiapan bahan pembagian kelompok pembagian kartu pemberian instruksi pemberian informasi waktu presentasi konfirmasi rolling penghargaan kesimpulan. Berdasarkan langkah-langkah tersebut terdapat beberapa pengembangan langkah-langkah dari model pembelajaran make a match yang diterapkan oleh peneliti yaitu guru membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 7 siswa dimana satu dari anggota kelompok bertugas menjadi juri saat pelaksanaan model pembelajaran make a match. Set kartu yang diberikan pada setiap kelompok terdiri dari 3 soal yang berbeda dan 3 jawaban dimana terdapat 2 jawaban yang sama dan 1 jawaban yang berbeda. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 68 37% pada siklus I menjadi 73 39% pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh persentase pada siklus I sebesar 80 26% meningkat sebesar 88 15% pada siklus II. Dua hal tersebut telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yang diterapkan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16061

Actions (login required)

View Item View Item