Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 10 Malang / Nisfi Saida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 10 Malang / Nisfi Saida

Saida, Nisfi (2017) Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 10 Malang / Nisfi Saida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saida Nisfi. 2017. Penerapan Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 10 Malang. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si Kata Kunci Pembelajaran Problem Posing Hasil Belajar Matematika Hasil belajar matematika merupakan nilai yang diperoleh siswa terkait dalam hal kemampuan menyelesaikan obyek-obyek yang abstrak yang dapat diukur atau diamati. Kemampuan menyelesaikan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu hakikat dasar dalam mengembangan pengetahuan matematika di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 10 Malang pada materi statistika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru sebagai pelaksana tindakan kelas dan partisipan penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 6F4 SMAN 10 Malang sebanyak 32 siswa. Langkah-kangkah pembelajaran problem posing dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap pembelajaran yaitu (1) mengamati contoh siswa dibagi menjadi kelompok belajar guru mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan mengamati menggali informasi dan mengasosiasi dengan melakukan aktivitas dan menjawab pertanyaan pada LKS serta menuliskan kesimpulan tentang informasi yang diperoleh (2) mengajukan soal dari informasi yang telah diperoleh siswa diminta untuk membuat soal sesuai dengan informasi tersebut (3) memecahkan soal guru meminta siswa untuk menyelesaikan soal yang telah dibuat (4) mengomunikasikan hasil guru mengarahkan siswa untuk mempresentasikan hasil pengajuan soal bila tidak ada siswa yang bersedia maka guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pengajuan soal dan pemecahan soal yang dibuat sendiri oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh skor rata-rata LKS 85 hasil observasi aktivitas siswa dan guru berada pada kategori baik dan ketuntasan klasikal tes akhir siklus sebesar 53 125%. Hal tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga dilakukan penelitian siklus II. Hasil penelitian siklus II diperoleh skor rata-rata LKS 86 hasil observasi aktivitas siswa dan guru berada pada kategori baik dan ketuntasan klasikal tes akhir siklus sebesar 81 25%. Hasil penelitian siklus II tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16059

Actions (login required)

View Item View Item