Pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) / Annisa Fitri Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) / Annisa Fitri Yunita

Yunita, Annisa Fitri (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) / Annisa Fitri Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yunita Annisa Fitri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lathiful Anwar S.Si M.Sc Kata Kunci Bahan Ajar Lembar Kegiatan Siswa Realistic Mathematics Education Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran. Sebagaimana Mulyasa (2006 96) mengemukakan bahwa bahan ajar merupakan salah satu bagian dari sumber ajar yang dapat diartikan sesuatu yang mengandung pesan pembelajaran baik yang bersifat khusus maupun yang bersifat umum yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran. Ada berbagai jenis bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu bahan ajar cetak dan non-cetak. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) adalah salah satu contoh bahan ajar cetak yang merupakan materi ajar yang dikemas sedemikian rupa agar siswa dapat mempelajari materi tersebut secara mandiri. Saat penulis melaksanakan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) di SMAN 6 Malang beberapa guru matematika menggunakan LKS hasil dari MGMP dan ada yang memilih untuk membuat LKS sendiri. Berdasarkan hasil analisis LKS hasil dari MGMP secara umum berisi tentang ringkasan materi contoh soal dan latihan soal-soal rutin. Sedangkan LKS yang dirancang oleh guru berupa latihan-latihan soal. Soal-soal yang diberikan berupa soal-soal rutin. Tidak ada aktivitas yang mengantarkan siswa dalam berproses menemukan konsep. Latihan soal dalam LKS dijawab dengan cara serupa seperti yang dicontohkan dalam LKS tersebut. LKS yang dikembangkan oleh guru belum mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan hanya menekankan pada pengetahuan prosedural. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak bermakna. Salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kebermaknaan ilmu pengetahuan adalah Pendidikan Matematika Realistik atau Realistic Mathematics Education (RME) (Wijaya 2012 3). Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kegitan Siswa dengan karakteristik Realistic Mathematic Education (RME) yang valid praktis dan efektif dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap yaitu penelitian awal prototipe dan penilaian (Plomp 2010 15). Produk yang telah dikembangkan berupa LKS divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Revisi terhadap LKS dilakukan berdasarkan saran-saran dari validator untuk kesempurnaan produk. Uji kepraktisan dilakukan untuk mengetahui tingkat kepraktisan/keterlaksanaan LKS yang digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kegiatan siswa dan angket siswa. Uji keefektifan dilakukan untuk mengetahui kegunaan LKS yang dikembangkan dalam membantu pemahaman siswa tentang konsep Aturan Pencacahan dengan melihat perolehan nilai siswa pada uji kompetensi aktivitas serta respon siswa. LKS yang dikembangkan telah diuji kevalidan kepraktisan dan keefektifannya. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan LKS yaitu 3.43 dengan kriteria valid (2) skor kepraktisan LKS berdasarkan lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kegiatan siswa dan angket siswa secara berturut-turut yaitu 3.57 3.31 dan 3.38 dengan kriteria praktis (3) skor keefektifan LKS berdasarkan lembar observasi kegiatan siswa angket siswa dan hasil tes uji kompetensi siswa secara berturut-turut yaitu 3.43 3.39 dan 81.82% siswa memperoleh nilai minimal SKM dengan kriteria efektif. Hasil dari uji kevalidan kepraktisan dan keefektifan tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Malang 30 Mei 2017 Dewan Penguji Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si Penguji Utama NIP. 19661229 199302 1 001 Lathiful Anwar S.Si M.Sc Penguji I NIP. 19810309 200604 1 003 10-

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item