Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan peluang untuk siswa kelas VIII SMPN 12 Malang / Beldy Franklin Kissya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan peluang untuk siswa kelas VIII SMPN 12 Malang / Beldy Franklin Kissya

Kissya, Beldy Franklin (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan peluang untuk siswa kelas VIII SMPN 12 Malang / Beldy Franklin Kissya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kissya Beldy Franklin. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Peluang Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 12 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd. Kata Kunci Perangkat pembelajaran pendekatan saintifik peluang Kurangnya perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang dapat memfasilitasi siswa dalam mengonstruk pengetahuannya sendiri menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan peluang untuk siswa kelas VIII SMPN 12 Malang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan yang mengacu pada model Dick Carey dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan dan tujuan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pebelajar (siswa) dan konteks (4) merumuskan tujuan perfomansi (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) melakukan revisi. Selanjutnya perangkat pembelajaran diuji kepraktisan dan keefektifannya dengan melibatkan 9 siswa kelas VIII SMPN 12 Malang dan dua orang observer (mahasiswa matematika Universitas Negeri Malang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkriteria valid praktis dan efektif. Skor kevalidan perangkat pembelajaran yang diperoleh yaitu 3 45 untuk RPP dan 3 52 untuk LKS. Skor kepraktisan perangkat pembelajaran yaitu 3 65 untuk RPP dan 3 5 untuk LKS. Sedangkan Perangkat pembelajaran ini juga dinyatakan efektif dikarenakan 89% siswa yang mendapat nilai akhir diatas KKM yaitu 75. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16056

Actions (login required)

View Item View Item