Pengembangan aplikasi aureka-media pembelajaran bangun ruang sisi lengkung berbasis android dengan augmented reality / Wenny Faizzatunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi aureka-media pembelajaran bangun ruang sisi lengkung berbasis android dengan augmented reality / Wenny Faizzatunnisa

Faizzatunnisa, Wenny (2017) Pengembangan aplikasi aureka-media pembelajaran bangun ruang sisi lengkung berbasis android dengan augmented reality / Wenny Faizzatunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faizzaatunnisa Wenny. 2017. Pengembangan Aplikasi Aureka-Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Android dengan Augmented Reality. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Aplikasi Android Augmented Reality dan Bangun Ruang Sisi Lengkung Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari namun siswa cenderung tidak menyenangi matematika karena dianggap sulit. Berdasarkan hasil wawancara kepada beberapa siswa MTsN 1 Pasuruan yang dilaksanakan pada tanggal 10 September 2016 salah satu materi matematika yang dianggap sulit adalah bangun ruang sisi lengkung. Contoh kesulitan yang dialami siswa yaitu visualisasi objek bangun ruang sisi lengkung karena mereka hanya melihat gambar yang ada di buku. Salah satu solusi dari permasalahan ini yaitu dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan objek geometri secara nyata sehingga siswa paham bentuk dari objek geometri tersebut. Saat ini telah ada teknologi yang dapat mengatasi masalah tersebut yaitu Augmented Reality (AR). Berdasarkan hasil wawancara ditemukan juga bahwa rata-rata siswa memiliki smartphone dengan sistem operasi android. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi android dengan augmented reality pada materi bangun ruang sisi lengkung. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa aplikasi bernama Aureka yang valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif siswa untuk materi bangun ruang sisi lengkung. Model pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang diadaptasi menjadi 4 fase yaitu investigasi awal fase desain fase realisasi/konstruksi dan fase tes evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa angket yang diisi oleh ahli media ahli materi tiga guru matematika dan sepuluh siswa yang belum mendapatkan materi bangun ruang sisi lengkung di tingkat SMP/sederajat dan latihan soal yang dikerjakan oleh sepuluh siswa tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa aplikasi android dengan augmented reality untuk materi bangun ruang sisi lengkung yang diberi nama Aureka valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16054

Actions (login required)

View Item View Item