Analisis miskonsepsi kesetimbangan kimia menggunakan dua bentuk soal berbeda pada mahasiswa jurusan kimia / Bertalina Timanoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis miskonsepsi kesetimbangan kimia menggunakan dua bentuk soal berbeda pada mahasiswa jurusan kimia / Bertalina Timanoyo

Timanoyo, Bertalina (2020) Analisis miskonsepsi kesetimbangan kimia menggunakan dua bentuk soal berbeda pada mahasiswa jurusan kimia / Bertalina Timanoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesetimbangan Kimia mempunyai beberapa karakteristik yaitu konsepnya berjenjang dan kompleks. Selain itu ketika mempelajari topik kesetimbangan kimia dibutuhkan pemahaman terhadap tiga representasi kimia yang meliputi representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik. Kekompleksan dari topik kesetimbangan kimia ini dapat menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut dapat berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada diri mahasiswa. Miskonsepsi ini dapat diidentifikasi menggunakan tes diagnostik. Penelitian ini menggunakan tes diagnostik two-tier yang mengoptimalkan penggunaan ketiga representasi kimia pada setiap item soal. Selain itu bentuk representasi soal tidak hanya diberikan secara verbal pada satu konsep yang sama melainkan dibuat dalam berbagai bentuk representasi soal yang berbeda pada konsep yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis miskonsepsi mahasiswa pada topik kesetimbangan kimia (2) menganalisis bentuk representasi soal dalam mengungkapkan miskonsepsi mahasiswa pada konsep keadaan setimbang (3) mengetahui hubungan miskonsepsi mahasiswa dengan tingkat kesukaran soal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II kelas A B dan I dengan jumlah total mahasiswa 60 orang dan telah mempelajari materi kesetimbangan kimia. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen tes diagnostik two-tier yang terdiri dari 25 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil Validitas isi instrumen tes sebesar 97% dengan kriteria sangat baik dan reliabilitas (r) 0 86 dengan kriteria sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi mahasiswa semester II di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang pada materi kesetimbangan kimia yaitu (a) pada saat kesetimbangan konsentrasi reaktan dan produk berubah seiring berjalannya waktu (b) keadaan setimbang terjadi pada awal reaksi (c) kenaikan suhu menggeser kesetimbangan ke arah reaksi eksotermik (d) penurunan suhu menggeser kesetimbangan kearah reaksi endotermik (e) kenaikan suhu tidak menggeser kesetimbangan sehingga jumlah molekul reaktan dan produk tetap (f) penurunan suhu tidak menggeser kesetimbangan sehingga jumlah molekul reaktan dan produk tetap (g) penambahan beban (tekanan diperbesar) memperkecil volume gas sehingga menggeser kesetimbangan ke jumlah molekul yang lebih banyak (h) pengurangan beban (tekanan diperkecil) memperbesar volume gas sehingga menggeser kesetimbangan ke jumlah molekul yang lebih sedikit (i) penambahan gas H2 dalam reaksi kesetimbangan 2NO(g) Cl2(g) 2NOCl(g) akan menggeser kesetimbangan kearah produk (j) penambahan gas H2 dalam reaksi kesetimbangan PCl5(g) PCl3(g) Cl2(g) akan menggeser kesetimbangan ke arah reaktan (k) penambahan gas H2 akan meningkatkan konsentrasi gas Cl2.Miskonsepsi dapat terjadi pada semua tingkat kesukaran soal. Miskonsepsi yang sama dapat diungkapkan baik pada tingkat kesukaran soal dengan kategori mudah sedang dan sukar. Selain itu semakin sukar suatu soal maka persentase mahasiswa yang mengalami miskonsepsi cenderung akan semakin besar. Miskonsepsi pada konsep keadaan setimbang dapat diidentifikasi baik menggunakan soal dalam bentuk grafik maupun bentuk tabel. Soal dalam bentuk tabel cenderung lebih banyak mengungkapkan miskonsepsi dari pada soal dalam bentuk grafik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160536

Actions (login required)

View Item View Item